telah menjadi pusat
aktivitas utama bagi pengunjung acara dan manajemen. Hingga beberapa tahun
lalu, tak seorang pun dapat meramalkan ledakan media sosial saat ini.
Sekarang, kita
tidak dapat membayangkan hidup tanpanya!
88% profesional
pemasaran mengaku menggunakan media sosial dalam semua aspek manajemen acara.
Dan itu bukanlah
sesuatu yang mengejutkan.
Elemen Sosial dalam Acara Selalu Menjadi Bagian
Besar dalam Industri Ini.
Namun, seiring
berjalannya waktu, perangkat untuk bersosialisasi telah berkembang pesat.
Dengan jutaan pengguna setiap hari, media sosial
Itulah sebabnya
industri acara membutuhkan manajemen media sosial, sekarang lebih dari
sebelumnya.
Apa itu Manajemen Media Sosial?
Manajemen media sosial adalah tentang memanfaatkan platform sosial seperti
Instagram, dan Twitter untuk memaksimalkan jangkauan bisnis Anda melalui
kehadiran dan interaksi online.
Dengan menggunakan
media sosial, Anda dapat melibatkan audiens melalui konten yang ditargetkan.
Sambil juga memantau dan mengukur respons mereka untuk lebih memahami bagian
mana dari strategi Anda yang berhasil dan mana yang tidak.
Sebelumnya, media
sosial dikesampingkan. Namun, kini media sosial menjadi yang terdepan dalam
pengembangan strategi bagi banyak bisnis. Hal ini karena media sosial
memungkinkan merek tidak hanya mengikuti perkembangan audiens mereka, tetapi
juga terlibat dengan mereka dengan cara yang meningkatkan penjualan dan ROI.
Mengapa Kita Membutuhkan Manajemen
Media Sosial?
Di masa lalu, industri ini sangat bergantung pada acara langsung sebagai
sumber utama untuk membangun koneksi dan menjalankan bisnis. Namun, karena
kemajuan, lanskap sosial dan teknologi telah berubah. Saat ini, 86% pemasar acara
optimis bahwa teknologi dapat berdampak besar pada keberhasilan acara mereka.
Platform Media Sosial Teratas untuk
Acara
“Berpikirlah di luar kotak dan ambil risiko, selalu dorong batas normal.
Jika Anda akan gagal, gagallah dengan cepat dan terus maju, dan jangan takut
untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak selalu “cocok” berdasarkan apa
yang telah dilakukan di masa lalu.”
Ini adalah saran
yang diberikan Direktur Global B2B di CFA Institute, Marissa Pick kepada bisnis
yang mencoba mengelola media sosial.
Ada banyak platform
sosial tempat merek dapat terhubung dengan masyarakat umum. Mari kita lihat
beberapa media yang paling populer .
TWITTER ( X )
Twitter tidak
memiliki basis pengguna yang besar. Akan tetapi, Anda akan menemukan lebih
banyak pengikut yang berdedikasi di platform tersebut. Dengan format
berbasis teks , Twitter memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan
singkat dan terlibat dalam percakapan dengan pengguna lain. Dengan menggunakan
fitur ini, Anda juga dapat berbagi ulasan positif tentang acara Anda dengan
para pengikut Anda seperti yang dilakukan Elysium Technologies di akun
mereka.
Karena jumlah
penggunanya lebih sedikit, acara Anda lebih mudah menjadi tren di Twitter
daripada di platform lain. Ini akan terbukti sangat membantu dalam mendatangkan
pengunjung ke acara Anda dan dengan demikian meningkatkan omzet acara Anda.
Instagram
Platform media
sosial ini sangat berpusat pada konten visual .
Dengan Instagram,
Anda dapat memamerkan foto dan video beserta keterangan informatif untuk
menarik pengikut Anda.
- Berbagi
foto
Tim acara dapat
berbagi postingan foto atau reels eksklusif di balik layar dengan peserta acara
agar mereka bersemangat menghadapi acara sesungguhnya.
- Siaran
Langsung / LIVE IG
Instagram juga
memungkinkan penggunanya menyiarkan video langsung. Ini akan menjadi alat yang
tepat untuk memberi tahu pengikut Anda, yang tidak hadir, tentang apa yang
terjadi sebelum dan selama acara.
- STORY
IG
Instagram memiliki
fitur menarik yang memungkinkan Anda berbagi foto dan video pendek yang hanya
dapat dilihat secara online selama 24 jam. Fitur ini dapat digunakan untuk
memberikan kode diskon untuk tiket acara atau memberi tahu peserta tentang
berita terbaru.
Mengapa Manajemen Media Sosial Penting
bagi Industri Acara?
Meski pengelolaan
media sosial mungkin terdengar mudah, kenyataannya justru sebaliknya. Mengelola
banyak akun sosial sekaligus menerapkan strategi merek secara sukses
adalah jenis pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh tim profesional.
“Sudah saatnya untuk mulai memikirkan media sosial untuk keterlibatan,
membangun komunitas, memelihara kekompakan di antara peserta dan anggota,
layanan pelanggan, sponsorship, dan sesuatu yang harus menjadi perhatian utama
kita semua, komunikasi krisis. Jika Anda fokus pada penggunaan media sosial
tersebut, pemasaran akan terjadi secara alami.”
Kata Alex Plaxen , Presiden
Little Bird Told Media.
SEMAKIN BESAR BISNIS ATAU ACARA, SEMAKIN BESAR pula TIM YANG ANDA PERLUKAN
UNTUK MENGELOLA SEMUA PLATFORM MEDIA SOSIAL ANDA SECARA EFEKTIF.
Alasan
Berikut adalah
beberapa alasan mengapa kita membutuhkan manajemen media sosial dalam industri
acara:
1. Mendorong
Penjualan:
Setiap platform
sosial utama memiliki jutaan pengguna aktif. Jadi, mengelola akun Anda dengan
baik di salah satu platform ini akan membuka peluang bagi Anda untuk
menghasilkan prospek baru. Meskipun Anda dapat menjual tiket acara di situs web
Anda, membicarakannya di media sosial akan melibatkan lebih banyak orang, yang
pada gilirannya akan mengundang lebih banyak orang ke acara Anda. Dengan
demikian, akan tercipta efek berantai pada penjualan tiket Anda.
2. Menarik
Peserta Online:
Jika merek Anda berencana mengadakan acara virtual atau hybrid, maka
pentingnya media sosial untuk acara Anda tidak dapat dilebih-lebihkan .
Apa pun jenis acara
yang Anda rencanakan, baik itu peluncuran produk atau kelas master edukasi,
media sosial selalu memainkan peran penting. Kehadiran daring Anda yang kuat
akan menghasilkan keterlibatan yang lebih baik dengan khalayak Anda. Dan Anda
akan menarik minat lebih banyak orang untuk membeli tiket Anda untuk menghadiri
acara daring jika mereka tidak dapat hadir secara langsung.
3. Dapatkan
Kredibilitas :
Perilaku berkelompok
sama relevannya di dunia daring seperti di dunia nyata. Itulah sebabnya ulasan
yang bagus tentang acara Anda yang diunggah di internet dapat meyakinkan
orang-orang tentang kredibilitas Anda. Orang-orang cenderung lebih memercayai
merek yang ulasan positifnya dapat mereka temukan dibandingkan dengan merek
lain.
4. Membuat
Koneksi:
Platform sosial
memungkinkan pengunjung acara berinteraksi dan berdiskusi satu sama lain
sebelum dan sesudah acara. Hal ini memungkinkan para peserta acara untuk
berjejaring dan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam. Hal ini menambah
nilai bagi merek Anda sehingga orang-orang merasa lebih dekat dengan acara dan
merek Anda secara umum.
5. Sponsorship
yang Lebih Baik:
Mendapatkan umpan balik positif secara daring tidak hanya akan
membuat Anda mendapatkan lebih banyak peserta di lain waktu.
Ini juga akan
memberi Anda sponsor yang lebih besar dan lebih baik dari waktu ke waktu .
Yang membantu manajemen acara untuk merencanakan acara yang lebih baik untuk
waktu berikutnya.
Streaming Langsung di Acara:
Streaming video
langsung dan mengunggah foto secara real-time menjadi hal yang lumrah saat ini
di berbagai acara.
Seperti yang
dikatakan Angela Skeen dari
Ingersoll Rand, “Kini, lebih dari sebelumnya, keberhasilan suatu acara
bergantung pada internet yang cepat, andal, dan aman, jadi pastikan ada
infrastruktur yang memadai di tempat acara untuk mendukung penggunaan media
sosial dan aplikasi acara di lokasi.”
Banyak acara yang
sudah menggunakan platform seperti YouTube untuk menyiarkan siaran langsung
mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan acara Anda dan juga
menarik lebih banyak prospek sambil menghibur penonton.
Cara Menggabungkan Manajemen Media
Sosial dengan Strategi Acara
Di bawah ini Anda
dapat menemukan cara menggunakan platform media sosial di semua tahap acara
Anda.
Sebelum Acara
- Tetapkan
Target Anda
Menurut laporan
oleh Skift, Inc. , 74% manajer
acara menganggap media sosial sebagai metode paling efektif untuk pemasaran
acara.
- Bersikaplah
Strategis dengan Platform Online Anda
“Jika berbicara tentang pemasaran media sosial, Anda tidak harus
memposting 3 kali sehari. Yang penting bukan seberapa sering Anda memposting,
tetapi kualitas konten Anda,” saran Janet Benson
Amarhavwie .
Saat mengembangkan
strategi media sosial Anda, jangan mulai menyebarkan konten satu demi
satu.
SEBAGAI ALASAN, MANFAATKAN KEKUATAN MASING-MASING PLATFORM SOSIAL .
Gunakan foto sampul
yang menarik di Facebook, tagar di Twitter, dan buat video pendek dan menarik
yang menampilkan pembicara tamu Anda di Snapchat dan TikTok.
Jangan lupa juga
untuk mengoptimalkan situs web acara Anda.
Sekitar 91% orang menggunakan ponsel mereka untuk menjelajahi media sosial.
Ini adalah poin penting yang perlu diingat saat mendesain situs web acara Anda.
Karena jika situs web Anda tidak ramah seluler, Anda akan gagal.
- Jangan
Lupakan Platform yang Lebih Kecil
Platform media
sosial yang lebih kecil seperti Pinterest dan Tumblr mungkin tidak sepopuler
itu. Namun, itu berarti persaingan di jaringan ini juga lebih sedikit.
98% pengguna Pinterest mengatakan mereka benar-benar mencoba hal-hal
baru yang mereka temukan di Pinterest.
Artinya, Anda akan
dapat menyasar lebih banyak audiens dan memiliki hubungan yang lebih dekat
dengan para pengikut. Jadi, ada baiknya berinvestasi pada platform yang kurang
dikenal.
- Libatkan
Influencer:
Saat ini hampir
tidak ada perbedaan antara influencer media sosial dan selebritas. Influencer
menawarkan jangkauan dan perolehan prospek yang sama besarnya dengan selebritas
papan atas .
- Hasilkan
Konten Video:
60% dari semua
bisnis menggunakan konten berbasis video untuk pemasaran.
Video merupakan
alat yang ampuh untuk menarik perhatian pengikut Anda. Dengan konten yang
menarik, baik yang menyenangkan maupun yang menggugah pikiran, Anda dapat
menggunakan pemasaran video untuk memajukan tujuan Anda.
“Pemasaran berbasis konten diulang-ulang di media sosial dan
meningkatkan penyebutan dari mulut ke mulut; ini adalah cara terbaik untuk
mengumpulkan perbincangan tentang suatu produk (layanan atau acara).”
Marsha Collier , penulis
“Social Media”
Di Tempat Acara
- Pembaruan
Streaming Langsung dari Acara:
Berikan informasi
terkini secara langsung dari tempat penyelenggaraan acara agar para pengikut
Anda selalu mengetahui segala hal. Bagikan video dan foto langsung dari
acara tersebut dengan tagar acara Anda . Ini akan membantu acara Anda
mendapatkan perhatian secara daring.
Selain itu, dorong
peserta di tempat acara untuk berbagi pengalaman acara mereka secara langsung
dengan orang-orang yang menonton dari rumah. Semakin banyak penonton yang
menonton acara Anda, semakin baik.
- emberikan
Suasana Ramah Foto:
Pastikan tempat
acara Anda memiliki pencahayaan dan dekorasi yang cukup agar para peserta dapat
mengambil foto-foto yang menakjubkan. Pertimbangkan untuk menambahkan stan foto
khusus pada acara Anda. Selain itu, menyewa fotografer profesional akan memberi
Anda foto-foto berkualitas tinggi untuk diunggah di media sosial Anda.
Karena meskipun
acaranya sudah selesai, foto dan video ini akan beredar secara online .
Dengan demikian, penjualan Anda untuk usaha Anda selanjutnya akan
meningkat.
- Libatkan
Audiens Anda di Rumah:
Ini adalah
kesempatan yang bagus untuk memanfaatkan rasa takut penonton untuk tidak
mengikuti acara. Perbarui akun media sosial acara Anda secara berkala
dan berinteraksilah dengan orang-orang di kolom komentar secara langsung .
Pengikut daring
akan tergoda untuk membeli tiket ke acara Anda berikutnya setelah mereka
melihat betapa menakjubkan acara Anda.
Setelah Peristiwa
Hanya karena acara
Anda telah berakhir, bukan berarti sudah waktunya untuk berkemas. Pekerjaan
yang sebenarnya baru saja dimulai. Masih banyak hal yang dapat ditawarkan media
sosial bagi bisnis Anda untuk masa depan.
- Layanan
Pelanggan yang Luar Biasa:
Setelah suatu
acara, tim acara harus tetap pada jalurnya dan berinteraksi dengan pengikut di
setiap platform.
Baik Anda
menyelenggarakan acara berskala kecil maupun besar, sulit untuk memuaskan semua
orang. Jadi, meskipun Anda akan mendapatkan ulasan positif, Anda juga akan
mendapatkan beberapa ulasan negatif.
Layanan pelanggan yang baik adalah tentang berurusan dengan pelanggan
Anda dengan baik . Ini tentang menunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar
peduli. Oleh karena itu, cara Anda berinteraksi dengan pengikut Anda akan
sangat memengaruhi cara orang akan menanggapi merek Anda di masa mendatang.
- Renungkan
Statistiknya
Semua statistik
yang dikumpulkan selama acara tersebut kini akan dianalisis untuk mendapatkan
informasi yang dapat digunakan. Tentukan seberapa baik strategi media sosial
Anda berhasil dan area mana yang mengalami dampak. Cari tahu kiriman mana yang
mengumpulkan like dan komentar terbanyak karena itulah jenis konten yang
disukai audiens Anda.
Semua wawasan ini akan terbukti bermanfaat untuk merencanakan acara
mendatang . Dan juga dalam menghindari kesalahan yang dibuat pada acara
sebelumnya.
- Mengumpulkan
Data Peserta Acara
Dengan menggunakan
semua interaksi Anda dengan peserta acara, kumpulkan data mereka untuk
pemasaran yang ditargetkan. Anda dapat mengetahui preferensi audiens Anda,
media sosial mana yang paling sering mereka gunakan, dan jenis kiriman apa yang
mereka ikuti. Jadi, Anda dapat mengirimi mereka konten yang ditargetkan yang
pasti akan menghasilkan konversi. Pastikan pengumpulan data Anda tidak
melanggar undang-undang perlindungan privasi karena hal itu dapat membuat Anda
dalam masalah besar.
- Melakukan
Survei
Meminta masukan adalah
cara yang bagus untuk mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan peserta
Anda. Yang penting bukan hanya angka-angkanya. Informasi kualitatif seperti ini
akan membantu Anda mengetahui Return On Emotions (ROE) acara Anda, yang merupakan
ukuran yang sama pentingnya dengan ROI atau Pendapatan .
- Rencanakan
Kedepan
Tidak ada kata
terlalu dini untuk mulai merencanakan langkah selanjutnya. Terutama setelah
menghadiri suatu acara, emosi para peserta masih memuncak. Kenangan indah masih
segar dalam ingatan mereka. Itulah saatnya untuk mendaftarkan pengikut
Anda untuk acara dan komitmen mendatang. Melalui media sosial, beri
tahu orang-orang bahwa Anda akan segera kembali dengan acara yang
menginspirasi. Jadi, lebih baik mereka membeli tiket sebelum kehabisan.
Kesimpulan
Penggunaan media
sosial sedang meningkat dan tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Oleh karena
itu, Anda harus mengakomodasinya.
Terlepas dari
apakah Anda menerimanya atau tidak, media sosial kini telah menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari industri acara. Media sosial telah terbukti berkali-kali
menjadi alat yang efektif untuk mendorong keterlibatan, penjualan, dan dengan
demikian pendapatan, serta ROI acara. Dan hal itu akan terus berlanjut di masa
mendatang.
Peserta dan pengikut
acara ingin merasa lebih terlibat dan media sosial memberikan hal itu kepada
mereka. Ada pembaruan rutin, berita terkini, dan perkembangan dengan foto dan
video yang tersedia hanya dengan beberapa ketukan di layar ponsel.
Media sosial
bergerak cepat dan tidak akan menunggu siapa pun. Kemajuan baru terjadi setiap
hari karena bisnis berusaha memanfaatkan sumber daya ini sebanyak
mungkin.
Jadi, agar tetap relevan, Anda juga memerlukan tim manajemen media sosial yang berdedikasi. Tim tersebut akan menyusun strategi setiap langkah Anda di media sosial untuk memastikan hasil terbaik baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang