MANAGEMENT MEDIA SOSIAL DALAM INDUSTRI ACARA
đź“… 20 Sep 2025

MANAGEMENT MEDIA SOSIAL DALAM INDUSTRI ACARA

Share:

telah menjadi pusat aktivitas utama bagi pengunjung acara dan manajemen. Hingga beberapa tahun lalu, tak seorang pun dapat meramalkan ledakan media sosial saat ini.

Sekarang, kita tidak dapat membayangkan hidup tanpanya!

88% profesional pemasaran mengaku menggunakan media sosial dalam semua aspek manajemen acara.

Dan itu bukanlah sesuatu yang mengejutkan.

Elemen Sosial dalam Acara Selalu Menjadi Bagian Besar dalam Industri Ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, perangkat untuk bersosialisasi telah berkembang pesat. Dengan jutaan pengguna setiap hari, media sosial

Itulah sebabnya industri acara membutuhkan manajemen media sosial, sekarang lebih dari sebelumnya.

Apa itu Manajemen Media Sosial?

Manajemen media sosial adalah tentang memanfaatkan platform sosial seperti Instagram, dan Twitter untuk memaksimalkan jangkauan bisnis Anda melalui kehadiran dan interaksi online. 

Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat melibatkan audiens melalui konten yang ditargetkan. Sambil juga memantau dan mengukur respons mereka untuk lebih memahami bagian mana dari strategi Anda yang berhasil dan mana yang tidak. 

Sebelumnya, media sosial dikesampingkan. Namun, kini media sosial menjadi yang terdepan dalam pengembangan strategi bagi banyak bisnis. Hal ini karena media sosial memungkinkan merek tidak hanya mengikuti perkembangan audiens mereka, tetapi juga terlibat dengan mereka dengan cara yang meningkatkan penjualan dan ROI.

Mengapa Kita Membutuhkan Manajemen Media Sosial?

Di masa lalu, industri ini sangat bergantung pada acara langsung sebagai sumber utama untuk membangun koneksi dan menjalankan bisnis. Namun, karena kemajuan, lanskap sosial dan teknologi telah berubah. Saat ini, 86% pemasar acara optimis bahwa teknologi dapat berdampak besar pada keberhasilan acara mereka.

Platform Media Sosial Teratas untuk Acara 

“Berpikirlah di luar kotak dan ambil risiko, selalu dorong batas normal. Jika Anda akan gagal, gagallah dengan cepat dan terus maju, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak selalu “cocok” berdasarkan apa yang telah dilakukan di masa lalu.”

Ini adalah saran yang diberikan Direktur Global B2B di CFA Institute, Marissa Pick kepada bisnis yang mencoba mengelola media sosial. 

Ada banyak platform sosial tempat merek dapat terhubung dengan masyarakat umum. Mari kita lihat beberapa media yang paling populer .

TWITTER ( X )

Twitter tidak memiliki basis pengguna yang besar. Akan tetapi, Anda akan menemukan lebih banyak pengikut yang berdedikasi di platform tersebut. Dengan format berbasis teks , Twitter memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan singkat dan terlibat dalam percakapan dengan pengguna lain. Dengan menggunakan fitur ini, Anda juga dapat berbagi ulasan positif tentang acara Anda dengan para pengikut Anda seperti yang dilakukan Elysium Technologies di akun mereka.

Karena jumlah penggunanya lebih sedikit, acara Anda lebih mudah menjadi tren di Twitter daripada di platform lain. Ini akan terbukti sangat membantu dalam mendatangkan pengunjung ke acara Anda dan dengan demikian meningkatkan omzet acara Anda.

Instagram

Platform media sosial ini sangat berpusat pada konten visual . 

Dengan Instagram, Anda dapat memamerkan foto dan video beserta keterangan informatif untuk menarik pengikut Anda.

  • Berbagi foto

Tim acara dapat berbagi postingan foto atau reels eksklusif di balik layar dengan peserta acara agar mereka bersemangat menghadapi acara sesungguhnya.

  • Siaran Langsung / LIVE IG 

Instagram juga memungkinkan penggunanya menyiarkan video langsung. Ini akan menjadi alat yang tepat untuk memberi tahu pengikut Anda, yang tidak hadir, tentang apa yang terjadi sebelum dan selama acara. 

  • STORY IG

Instagram memiliki fitur menarik yang memungkinkan Anda berbagi foto dan video pendek yang hanya dapat dilihat secara online selama 24 jam. Fitur ini dapat digunakan untuk memberikan kode diskon untuk tiket acara atau memberi tahu peserta tentang berita terbaru.

Mengapa Manajemen Media Sosial Penting bagi Industri Acara?

Meski pengelolaan media sosial mungkin terdengar mudah, kenyataannya justru sebaliknya. Mengelola banyak akun sosial sekaligus menerapkan strategi merek secara sukses adalah jenis pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh tim profesional. 

“Sudah saatnya untuk mulai memikirkan media sosial untuk keterlibatan, membangun komunitas, memelihara kekompakan di antara peserta dan anggota, layanan pelanggan, sponsorship, dan sesuatu yang harus menjadi perhatian utama kita semua, komunikasi krisis. Jika Anda fokus pada penggunaan media sosial tersebut, pemasaran akan terjadi secara alami.”

Kata Alex Plaxen , Presiden Little Bird Told Media.

SEMAKIN BESAR BISNIS ATAU ACARA, SEMAKIN BESAR pula TIM YANG ANDA PERLUKAN UNTUK MENGELOLA SEMUA PLATFORM MEDIA SOSIAL ANDA SECARA EFEKTIF.

Alasan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita membutuhkan manajemen media sosial dalam industri acara:

1.   Mendorong Penjualan: 

Setiap platform sosial utama memiliki jutaan pengguna aktif. Jadi, mengelola akun Anda dengan baik di salah satu platform ini akan membuka peluang bagi Anda untuk menghasilkan prospek baru. Meskipun Anda dapat menjual tiket acara di situs web Anda, membicarakannya di media sosial akan melibatkan lebih banyak orang, yang pada gilirannya akan mengundang lebih banyak orang ke acara Anda. Dengan demikian, akan tercipta efek berantai pada penjualan tiket Anda. 

2. Menarik Peserta Online: 

Jika merek Anda berencana mengadakan acara virtual atau hybrid, maka pentingnya media sosial untuk acara Anda tidak dapat dilebih-lebihkan . 

Apa pun jenis acara yang Anda rencanakan, baik itu peluncuran produk atau kelas master edukasi, media sosial selalu memainkan peran penting. Kehadiran daring Anda yang kuat akan menghasilkan keterlibatan yang lebih baik dengan khalayak Anda. Dan Anda akan menarik minat lebih banyak orang untuk membeli tiket Anda untuk menghadiri acara daring jika mereka tidak dapat hadir secara langsung. 

3. Dapatkan Kredibilitas : 

Perilaku berkelompok sama relevannya di dunia daring seperti di dunia nyata. Itulah sebabnya ulasan yang bagus tentang acara Anda yang diunggah di internet dapat meyakinkan orang-orang tentang kredibilitas Anda. Orang-orang cenderung lebih memercayai merek yang ulasan positifnya dapat mereka temukan dibandingkan dengan merek lain.

4. Membuat Koneksi: 

Platform sosial memungkinkan pengunjung acara berinteraksi dan berdiskusi satu sama lain sebelum dan sesudah acara. Hal ini memungkinkan para peserta acara untuk berjejaring dan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam. Hal ini menambah nilai bagi merek Anda sehingga orang-orang merasa lebih dekat dengan acara dan merek Anda secara umum.  

5. Sponsorship yang Lebih Baik: 

Mendapatkan umpan balik positif secara daring tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak peserta di lain waktu. 

Ini juga akan memberi Anda sponsor yang lebih besar dan lebih baik dari waktu ke waktu . Yang membantu manajemen acara untuk merencanakan acara yang lebih baik untuk waktu berikutnya.

Streaming Langsung di Acara: 

Streaming video langsung dan mengunggah foto secara real-time menjadi hal yang lumrah saat ini di berbagai acara.

Seperti yang dikatakan Angela Skeen dari Ingersoll Rand, â€śKini, lebih dari sebelumnya, keberhasilan suatu acara bergantung pada internet yang cepat, andal, dan aman, jadi pastikan ada infrastruktur yang memadai di tempat acara untuk mendukung penggunaan media sosial dan aplikasi acara di lokasi.”

Banyak acara yang sudah menggunakan platform seperti YouTube untuk menyiarkan siaran langsung mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan acara Anda dan juga menarik lebih banyak prospek sambil menghibur penonton.

Cara Menggabungkan Manajemen Media Sosial dengan Strategi Acara

Di bawah ini Anda dapat menemukan cara menggunakan platform media sosial di semua tahap acara Anda.

Sebelum Acara

  • Tetapkan Target Anda

Menurut laporan oleh Skift, Inc. , 74% manajer acara menganggap media sosial sebagai metode paling efektif untuk pemasaran acara.

  • Bersikaplah Strategis dengan Platform Online Anda

“Jika berbicara tentang pemasaran media sosial, Anda tidak harus memposting 3 kali sehari. Yang penting bukan seberapa sering Anda memposting, tetapi kualitas konten Anda,” saran  Janet Benson Amarhavwie .

Saat mengembangkan strategi media sosial Anda, jangan mulai menyebarkan konten satu demi satu. 

SEBAGAI ALASAN, MANFAATKAN KEKUATAN MASING-MASING PLATFORM SOSIAL . 

Gunakan foto sampul yang menarik di Facebook, tagar di Twitter, dan buat video pendek dan menarik yang menampilkan pembicara tamu Anda di Snapchat dan TikTok.

Jangan lupa juga untuk mengoptimalkan situs web acara Anda. 

Sekitar 91% orang menggunakan ponsel mereka untuk menjelajahi media sosial. Ini adalah poin penting yang perlu diingat saat mendesain situs web acara Anda. Karena jika situs web Anda tidak ramah seluler, Anda akan gagal.

  • Jangan Lupakan Platform yang Lebih Kecil

Platform media sosial yang lebih kecil seperti Pinterest dan Tumblr mungkin tidak sepopuler itu. Namun, itu berarti persaingan di jaringan ini juga lebih sedikit. 

98% pengguna Pinterest mengatakan mereka benar-benar mencoba hal-hal baru yang mereka temukan di Pinterest.

Artinya, Anda akan dapat menyasar lebih banyak audiens dan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan para pengikut. Jadi, ada baiknya berinvestasi pada platform yang kurang dikenal. 

  • Libatkan Influencer:

Saat ini hampir tidak ada perbedaan antara influencer media sosial dan selebritas. Influencer menawarkan jangkauan dan perolehan prospek yang sama besarnya dengan selebritas papan atas .

  • Hasilkan Konten Video: 

60% dari semua bisnis menggunakan konten berbasis video untuk pemasaran.

Video merupakan alat yang ampuh untuk menarik perhatian pengikut Anda. Dengan konten yang menarik, baik yang menyenangkan maupun yang menggugah pikiran, Anda dapat menggunakan pemasaran video untuk memajukan tujuan Anda.

“Pemasaran berbasis konten diulang-ulang di media sosial dan meningkatkan penyebutan dari mulut ke mulut; ini adalah cara terbaik untuk mengumpulkan perbincangan tentang suatu produk (layanan atau acara).”

 Marsha Collier , penulis “Social Media”  

Di Tempat Acara

  • Pembaruan Streaming Langsung dari Acara:

Berikan informasi terkini secara langsung dari tempat penyelenggaraan acara agar para pengikut Anda selalu mengetahui segala hal. Bagikan video dan foto langsung dari acara tersebut dengan tagar acara Anda . Ini akan membantu acara Anda mendapatkan perhatian secara daring.

Selain itu, dorong peserta di tempat acara untuk berbagi pengalaman acara mereka secara langsung dengan orang-orang yang menonton dari rumah. Semakin banyak penonton yang menonton acara Anda, semakin baik.    

  • emberikan Suasana Ramah Foto:

Pastikan tempat acara Anda memiliki pencahayaan dan dekorasi yang cukup agar para peserta dapat mengambil foto-foto yang menakjubkan. Pertimbangkan untuk menambahkan stan foto khusus pada acara Anda. Selain itu, menyewa fotografer profesional akan memberi Anda foto-foto berkualitas tinggi untuk diunggah di media sosial Anda.

Karena meskipun acaranya sudah selesai, foto dan video ini akan beredar secara online . Dengan demikian, penjualan Anda untuk usaha Anda selanjutnya akan meningkat. 

  • Libatkan Audiens Anda di Rumah:

Ini adalah kesempatan yang bagus untuk memanfaatkan rasa takut penonton untuk tidak mengikuti acara. Perbarui akun media sosial acara Anda secara berkala dan berinteraksilah dengan orang-orang di kolom komentar secara langsung . 

Pengikut daring akan tergoda untuk membeli tiket ke acara Anda berikutnya setelah mereka melihat betapa menakjubkan acara Anda. 

Setelah Peristiwa

Hanya karena acara Anda telah berakhir, bukan berarti sudah waktunya untuk berkemas. Pekerjaan yang sebenarnya baru saja dimulai. Masih banyak hal yang dapat ditawarkan media sosial bagi bisnis Anda untuk masa depan.

  • Layanan Pelanggan yang Luar Biasa:

Setelah suatu acara, tim acara harus tetap pada jalurnya dan berinteraksi dengan pengikut di setiap platform.

Baik Anda menyelenggarakan acara berskala kecil maupun besar, sulit untuk memuaskan semua orang. Jadi, meskipun Anda akan mendapatkan ulasan positif, Anda juga akan mendapatkan beberapa ulasan negatif. 

Layanan pelanggan yang baik adalah tentang berurusan dengan pelanggan Anda dengan baik . Ini tentang menunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar peduli. Oleh karena itu, cara Anda berinteraksi dengan pengikut Anda akan sangat memengaruhi cara orang akan menanggapi merek Anda di masa mendatang.

  • Renungkan Statistiknya

Semua statistik yang dikumpulkan selama acara tersebut kini akan dianalisis untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan. Tentukan seberapa baik strategi media sosial Anda berhasil dan area mana yang mengalami dampak. Cari tahu kiriman mana yang mengumpulkan like dan komentar terbanyak karena itulah jenis konten yang disukai audiens Anda. 

Semua wawasan ini akan terbukti bermanfaat untuk merencanakan acara mendatang . Dan juga dalam menghindari kesalahan yang dibuat pada acara sebelumnya.

  • Mengumpulkan Data Peserta Acara

Dengan menggunakan semua interaksi Anda dengan peserta acara, kumpulkan data mereka untuk pemasaran yang ditargetkan. Anda dapat mengetahui preferensi audiens Anda, media sosial mana yang paling sering mereka gunakan, dan jenis kiriman apa yang mereka ikuti. Jadi, Anda dapat mengirimi mereka konten yang ditargetkan yang pasti akan menghasilkan konversi. Pastikan pengumpulan data Anda tidak melanggar undang-undang perlindungan privasi karena hal itu dapat membuat Anda dalam masalah besar. 

  • Melakukan Survei

Meminta masukan adalah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan peserta Anda. Yang penting bukan hanya angka-angkanya. Informasi kualitatif seperti ini akan membantu Anda mengetahui Return On Emotions (ROE) acara Anda, yang merupakan ukuran yang sama pentingnya dengan ROI atau Pendapatan .

  • Rencanakan Kedepan

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai merencanakan langkah selanjutnya. Terutama setelah menghadiri suatu acara, emosi para peserta masih memuncak. Kenangan indah masih segar dalam ingatan mereka. Itulah saatnya untuk mendaftarkan pengikut Anda untuk acara dan komitmen mendatang. Melalui media sosial, beri tahu orang-orang bahwa Anda akan segera kembali dengan acara yang menginspirasi. Jadi, lebih baik mereka membeli tiket sebelum kehabisan.

Kesimpulan

Penggunaan media sosial sedang meningkat dan tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Anda harus mengakomodasinya.

Terlepas dari apakah Anda menerimanya atau tidak, media sosial kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari industri acara. Media sosial telah terbukti berkali-kali menjadi alat yang efektif untuk mendorong keterlibatan, penjualan, dan dengan demikian pendapatan, serta ROI acara. Dan hal itu akan terus berlanjut di masa mendatang. 

Peserta dan pengikut acara ingin merasa lebih terlibat dan media sosial memberikan hal itu kepada mereka. Ada pembaruan rutin, berita terkini, dan perkembangan dengan foto dan video yang tersedia hanya dengan beberapa ketukan di layar ponsel.  

Media sosial bergerak cepat dan tidak akan menunggu siapa pun. Kemajuan baru terjadi setiap hari karena bisnis berusaha memanfaatkan sumber daya ini sebanyak mungkin. 

Jadi, agar tetap relevan, Anda juga memerlukan tim manajemen media sosial yang berdedikasi. Tim tersebut akan menyusun strategi setiap langkah Anda di media sosial untuk memastikan hasil terbaik baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang