)
5 Strategi Digital Marketing Terbaik Dan Sederhana
1.Menerapkan SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah metode yang digunakan untuk membuat situs website atau blog kamu berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google.
SEO ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas atau orang menuju ke situs web kamu. Salah satu hal dasar pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website.
Bagi kamu yang ingin menggunakan strategi SEO, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba terapkan pada website bisnismu,
- Penggunaan keyword khusus (paling banyak dicari) pada halaman website atau konten di blog
- Memasukkan link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website (internal link)
- Membhat link yang menuju website-mu terdapat di website lain (backlink)
- Menggunakan tools bantuan seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk menganalisis traffic website-mu
2. Menggunakan pay-per-click advertising
Pay-per-click atau PPC adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Biasanya iklan tersebut terdapat pada halaman pencarian google dengan menggunakan layanan Google Ads. Kamu dapat melihat gambar di bawah ini.
Pay-per-click atau PPC ini bertujuan untuk menjangkau lebih orang-orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword.
3. Content marketing
Content marketing memiliki tujuan untuk menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui berbagai konten agar brand awareness dari bisnismu meningkat. Kamu dapat memberikan konten berupa video, artikel pada blog, infografis, dan lainnya.
Namun, konten tersebut akan semakin menjadi efektif jika kamu dapat memadukannya dengan metode SEO. Dengan menggunakan SEO konten-konten yang kamu hasilkan akan mudah ditemukan oleh orang-orang pada pencarian Google.
4. Memanfaatkan social media marketing
Dikutip dari Buffer.com social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audience untuk membangun merek dari bisnis kamu, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.
Faktanya 71% konsumen yang memiliki pengalaman positif dengan suatu merek di media sosial cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada teman dan keluarga mereka. Hal ini membuat penggunaan media sosial tidak dapat diremehkan dalam bisnis dan marketing.
Selain itu, dalam penerapan strategi ini, kamu dapat menggunakan beberapa langkah berikut di media sosial mu.
- Membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan
Hah emang bisa ya? Bisa dong. Tidak semua hal yang berkaitan dengan media sosial harus mengenai konten. Salah satunya membangun hubungan dengan audience di kolom komentar. Ketika kamu sekedar membalas komentar audience pada beberapa unggahananmu, maka dapat membangun kepercayaan dan menunjukkan betapa kamu peduli dengan mereka. - Menganalisis kompetitor
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari kehadiran pesaing kamu, terutama jika kamu baru saja mulai menggunakan media sosial. Kamu dapat melihat bagaimana proses marketing yang kompetitor lakukan di media sosialnya. Apakah mereka berhasil atau gagal. Jika mereka berhasil, kamu dapat mencoba metode yang sama, namun tidak meniru atau memodifikasi bentuknya.
Misalnya, kompetitor kamu berhasil menarik perhatian calon pelanggannya dengan membuat konten promosi berupa infografis di Facebook. Kamu mungkin bisa lebih kreatif dengan mencoba fitur Ask me Question yang ada pada Instagram sebagai cara menarik perhatian calon pelanggan.
5. Email marketing
Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan pelanggan baru.
Bagi kamu yang berniat menggunakan email marketing, kamu dapat menggunakan 2 jenis konten ini berikut.
- Email promosi
Email ini dapat berisi promosi yang sedang kamu kampanyekan. Kamu dapat memberitahukan penawaran khusus, rilis produk baru, dan diskon kepada pelanggan. - Email Informasi
Dengan jenis email ini, kamu dapat memberikan konten berupa berbagai macam informasi, seperti tips and trick, atau informasi ter-update mengenai bisnis kamu.