)
Jenis Dan Contoh Tehnik Pemasaran Digital Marketing
1. Search Engine Marketing (SEM)
Search engine marketing berupaya untuk menempatkan website perusahaan atau bisnis kamu berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google serta mudah ditemukan oleh google. SEM memiliki dua kategori, yakni kategori organik dan non-organik.
Kategori organik biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO), relatif lebih murah bahkan dapat dilakukan sendiri dengan gratis. Namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena perlu analisa yang baik, kreatif menulis konten artikel, serta tujuannya untuk investasi jangka panjang.
Sedangkan kategori non-organik adalah Search Engine Marketing (SEM). Namun berbayar meski jauh lebih cepat untuk membuat website kamu berada di posisi teratas google.
2. Pay Per Click (PPC)
PPC ini meruapakan salah satu digital marketing yang populer dengan metode beriklan pada suatu platform, di mana pengiklan (advertiser) hanya membayar bila ada yang klik iklannya. Contoh PPC adalah dari AdWords dari Google, FB ads, dan sebagainya.
Sebenarnya ada juga selain PPC, yakni metode PPM (Pay Per Impression), pengiklan akan membayar per kemunculan, biasanya per 1.000 kali kemunculan.
3. Content Marketing
Content marketing merupakan cara pemasaran yang fokus kepada pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang sifatnya berkaitan dan konsisten, agar bisa menarik juga dapat mempertahankan pelanggan atau audiens yang sudah ditetapkan menjadi target pasar kamu.
Contohnya bisa dengan mengirim pesan email ke pelanggan dan posting di website. Konten atau isi pesan tersebut berupaya agar bisa meningkatkan ketertarikan pasar.
4. Social Media Marketing
Media sosial menjadi sarana khalayak ramai untuk saling komunikasi, berbagi informasi, dan keperluan lainnya. Bahkan kini semakin banyak pengusaha yang mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi bisnis mereka.
Ditambah berbagai platform sosial media di antaranya YouTube, Twitter, Facebook, Instagram, Linkedin, dan lain sebagainya. Hal ini agar mampu membuat penyebaran informasi lebih luas ke banyak orang, lebih cepat, dan dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.
5. Audio Visual Atau Video Marketing
Video marketing merupakan media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa kamu dapat dibuat dengan genre nyata hingga animasi 2D dan 3D. Video marketing menjadi salah satu cara yang efektif dalam menyampaikan informasi mengenai brand, produk, atau jasa yang kamu miliki.
Karena manfaatnya bisa sebagai Video Company Profile yang mendeskripsikan bisnis kamu, menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya, menampilkan testimonial pelanggan, serta review mereka terhadap bisnis kamu.
6. Email Marketing
Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan email sebagai medianya. Hal ini bisa kamu lakukan saat sudah membangun daftar subscriber dari website, maka email marketing adalah langkah promosi selanjutnya, untuk menjaga calon pelanggan tersebut dibuat tertarik untuk membeli produk ataupun jasa kamu.
Dengan email marketing, kamu dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, ataupun memperkenalkan produk atau jasa terbaru kamu. Pelanggan akan merasa menjadi bagian dari brand yang mereka banggakan dan semakin meningkatkan ketertarikan hingga mereka loyal kepada produsen
7. Promosi Media Cetak
Digital marketing dengan penggunaan media cetak ini merupakan penyesuaian untuk target market tertentu, karena tidak semua orang mengakses sosial media. Oleh sebab itu, promosi cetak masih merupakan hal yang penting untuk bisnis kamu. Kamu bisa membuat promosi cetak lebih meyakinkan dengan kombinasi teknologi saat ini.
Contohnya kartu nama yang menjadi salah satu hal penting yang kamu miliki, apapun sektor bisnis kamu. Hal tersebut akan memudahkan para calon mitra kamu, menyimpan kontak, mengunjungi website kamu, media sosial, atau untuk menghubungi layanan kamu sewaktu-waktu mereka membutuhkan.