)
6 Trend Digital Marketing Tahun 2022
1. Fokus pada pemasaran video
Konten video mendominasi dan pemasaran video tentu akan menjadi tren besar di tahun 2022. Identifikasi apa yang dicari pelanggan Anda secara online dengan kumpulkan riset kata kunci. Kemudian berikan konten video yang menjawab pertanyaan mereka. Setelah Anda membuat video, unggah ke blog perusahaan Anda.
2. Chatbots
Terapkan chatbots pada tahun 2022 sebagai salah satu tren pemasaran digital teratas untuk meningkatkan keterlibatan situs web Anda. Dengan meningkatkan pengalaman pengguna, chatbots menghasilkan lebih banyak waktu yang dihabiskan di situs web Anda. Selain itu, Anda dapat membantu pelanggan menggunakan chatbot meskipun toko Anda tutup.
3. Pemasaran Influencer
Pertimbangkan untuk bermitra dengan influencer tahun ini untuk memperbarui strategi pemasaran digital Anda. Temukan influencer yang sudah memiliki banyak pengikut. Dan kemudian, Anda dapat meminta mereka untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.
4. Live Streaming
Streaming langsung adalah konsep baru dan dengan cepat menjadi saluran pemasaran pilihan setiap pemasar. 80% konsumen lebih suka menonton streaming langsung brand daripada membaca blog perusahaan. 74% milenial lebih suka video ketika mereka melakukan perbandingan belanja.Saluran pemasaran digital ini dengan cepat mendapatkan perhatian.
5. Pemasaran mobile-first
Apa kesamaan yang dimiliki sebagian besar konsumen? Smartphone. Ponsel cerdas dan tablet semakin populer untuk menjelajahi produk dan layanan online. Jadi, pemilik bisnis perlu waktu untuk membuat konten ramah seluler yang berperingkat lebih baik di mesin telusur untuk menarik konsumen generasi baru ini.
6. Podcast
Dengan popularitas podcast yang meledak, brand tidak boleh melewatkan tren pemasaran digital yang penting ini. Bahkan Google menampilkan episode podcast individual di SERP-nya. Squarespace adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang telah menjadi pengadopsi awal iklan podcast. Pertimbangkan untuk menambahkan sponsor podcast juga ke rencana pemasaran Anda pada tahun 2022 ini.
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain kemajuan teknologi atau cara baru untuk menjual produk dan layanan ketika Anda berbicara tentang pemasaran digital. Anda perlu mengamati perilaku orang, perubahan kebiasaan konsumen, dan peristiwa besar yang membentuk cara kita berinteraksi dengan dunia. Platform digital menawarkan kepada kita dunia yang terus berubah di mana hal-hal yang paling tidak terduga dapat menjadi pengubah regulasi pemasaran.Yang penting untuk diketahui setiap pemasar adalah tren apa yang sedang berkembang.
Sekarang setelah Anda mengetahui tren teratas untuk tahun baru ini, mulailah dulu untuk menentukan strategi digital marketing Anda karena semakin cepat Anda mulai menerapkan tren ini, semakin baik hasil yang akan Anda rasakan dalam jangka panjang. Jika ingin tetap relevan di tahun 2022, Anda harus menjadi yang teratas dalam tren pemasaran digital terbaik dan merangkul transformasi digital. Dan yang lebih penting, Anda perlu memahami bagaimana memanfaatkan tren pemasaran digital ini untuk mengembangkan bisnis Anda.