post-image

Content Marketing Dan Penerapannya

Content marketing adalah strategi atau metode pemasaran menggunakan segala jenis konten, baik tulisan, video, maupun suara. Hampir semua hal yang mengandung gambar, video, atau tulisan di sekitar Anda atau saat menjelajahi internet adalah konten. Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.

1. Content Marketing di Website

Content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Seperti yang Anda tahu, website biasanya menjadi jembatan pertama antara bisnis Anda dengan para pelanggan di internet.

Anda harus memiliki website agar pelanggan bisa menjangkau bisnis Anda dari mana saja. Kalau belum punya website, jangan khawatir, karena ada banyak sekali panduan mudah tentang cara membuat website.

Website juga umumnya menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang asyik dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda.

2. Menulis Konten Marketing di Blog

Berbeda dengan website, menulis konten marketing di blog bisa Anda lakukan dengan lebih bebas. Anda juga bisa memperbaruinya setiap saat, atau memposting artikel pemasaran konten setiap hari. Kalau tadi Anda menggunakan copywriting di website, lain halnya dengan tulisan yang Anda buat di blog.

Dengan blog sebagai media pemasaran konten ini, Anda bisa menulis artikel yang lebih panjang lebar dan jelas, misalnya untuk mendeskripsikan produk, lalu menambahkan pesan ajakan kepada pembaca untuk membeli produk Anda. Silakan lihat panduan cara menulis blog yang menarik.

3. Merekam Video dan Mengunggahnya

Video juga merupakan konten yang bisa Anda manfaatkan untuk content marketing. Anda bisa mengunggahnya di berbagai platform yang memiliki banyak audiens, seperti dengan promosi bisnis di TikTok, YouTube, atau Instagram.

Pastikan Anda membuat konten yang sesuai dengan ketentuan setiap platform. Di TikTok atau Instagram, misalnya, cukup unggah video singkat dengan format portrait dan kualitas yang bagus, karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape. Lain halnya dengan YouTube, Anda bisa mengunggah video yang lebih panjang dengan format landscape.

4. Menyusun E-book

Berikutnya, contoh pemasaran konten yang bisa Anda coba adalah dengan menyusun e-book. Anda bisa menulis panduan atau tutorial, lalu mengunggahnya di website Anda atau mempromosikannya melalui email marketing yang dikirimkan kepada subscriber.

Untuk mengunduh e-book yang Anda buat, pelanggan bisa memasukkan alamat email mereka, yang kemudian bisa Anda masukkan ke mailing list bisnis Anda untuk mengirimkan promosi berikutnya.

5. Mendesain Infografik yang Menarik

Selain tulisan dan video, Anda bisa memanfaatkan infografik sebagai strategi content marketing yang akan turut mengembangkan bisnis Anda. Saat ini, konten-konten berupa audio dan visual sedang banyak sekali diminati user, khususnya di Indonesia. Nah, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat konten marketing berupa infografik.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis guna mengunggah infografik yang menarik untuk pemasaran konten, misalnya di Instagram atau Twitter.

6. Membuat Podcast di Platform Streaming

Menjamurnya platform streaming berlangganan meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Bahkan, beberapa platform streaming lagu juga menyediakan ruang untuk podcast bagi para content creator yang senang berbagi cerita melalui suara.

7. Partnership dengan Influencer

Strategi content marketing yang satu ini merupakan gabungan dari semua hal di atas. Anda bisa menggunakan copywriting, audio, video, maupun artikel blog, tapi yang membedakannya adalah, konten tersebut digunakan untuk partnership dengan influencer.

Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat. Meskipun influencer yang Anda ajak bekerja sama sudah punya pengaruh kuat, kalau kualitas content marketing Anda tidak dimaksimalkan, kecil kemungkinan konten Anda akan memberikan impact yang signifikan.