post-image

Jasa Digital Marketing

Bagi sebagian orang, kata-kata digital marketing mungkin sudah tidak asing lagi. Namun jika kita sendiri diminta mendefinisikan apa yang dimaksud dengan digital marketing, mungkin jawabannya bisa berbeda. 


Content Marketing

Untuk sebuah agensi digital marketing yang cukup besar, biasanya mereka menyediakan semua jenis pembuatan konten multi-format, multi-platform, dan tentunya omnichannel. Sedang untuk agensi digital marketing skala kecil, biasanya hanya terbatas pada pembuatan artikel atau desain grafis. Berikut daftar konten yang biasanya disediakan oleh sebuah agensi.

  • Posting blog (artikel SEO)
  • Infografis
  • Video tutorial/unboxing/review/dll.
  • Template (IG story)
  • Dokumen pdf
  • Slide presentasi
  • Studi kasus

Jasa Optimasi SEO

Dengan semakin canggihnya algoritma yang dimiliki oleh Google, maka menampilkan website kita di mesin pencari tidak lagi semudah menargetkan kata kunci. Ada banyak faktor yang harus dipenuhi agar sebuah website ramah dan dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian. Berikut daftar layanan SEO yang biasanya ditawarkan dalam rangka mengoptimasi website menjadi lebih SEO friendly.

  • Website SEO audit
  • On-page SEO
  • Off-page SEO
  • Content Development
  • E-A-T building (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)
  • Local business SEO
  • Backlink PBN

Digital Advertising

Seperti pernah saya bahasakan sebelumnya, skema pay-to-play yang diadopsi oleh hampir semua pemain besar di internet akhirnya mengharuskan kita untuk menganggarkan budget digital marketing. Berikut diantara jenis-jenis iklan online yang banyak digunakan oleh para marketer di seluruh dunia.

  • Pay per click (PPC ads)
  • Banner ads
  • Display ads
  • Social media ads
  • Google Ads

Email Marketing

Email Marketing tidak hanya berbicara mengenai pengiriman email secara bulk, justru hal pendukung lainnya seperti list buildingconditional email, serta personalization akan menjadi penentu efektifnya email marketing. Diantara layanan digital marketing yang berkaitan dengan pemasaran via surel ini yaitu sebagai berikut.

  • Personalisasi email
  • Newsletters
  • Template email yang responsive dan multi-platform
  • Campaign follow-ups


Social Media Marketing

Jika ketiga metode di atas sebelumnya cenderung memiliki pola dan metodologi yang jelas, lain halnya dengan model pemasaran dengan media sosial yang cenderung dinamis dan berubah sesuai tren terkini. Oleh karenanya, cara marketing yang paling sering digunakan diantaranya monitoring, duplikasi kompetitor, serta kurasi konten yang beredar di beranda media sosial. Berikut diantara cara pemasarannya.

  • Social media optimization (SMO)
  • Social media marketing (SMM)

Mindset Digital Marketing

Agar seluruh upaya pemasaran digital kita terstruktur dan berhasil mencapai tujuan secara bersamaan, dibutuhkan sebuah kerangka awal jika kita ingin melaksakanan semua model digital marketing di atas. Berikut komponen utama yang harus diperhatikan dan dirumuskan agar pemasaran digital kita bisa lebih optimal.

  • StrategyStrategi marketing yang terdokumentasi
  • Research: Riset secara mendalam dan terus-menerus
  • Plan: Perencanaan yang matang
  • Innovation: Inovasi dan terus mencoba hal yang baru
  • AnalyticsManfaatkan data analytics dari setiap platform
  • Teamwork: Kerjasama antar tim yang solid