)
Mengenal Seo Dan Cara Kerjanya
Website merupakan salah satu media atau platform yang banyak digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing saat ini. Website juga dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk dalam bentuk barang atau jasa. SEO adalah salah satu cara untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dan bisnis anda.
Sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat dilakukan selain SEO. Mulai dari SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada iklan di Google, kemudian optimasi media sosial, dan berbagai metode lain dalam bidang marketing channel. Pada artikel kali ini, kami hanya berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan pengertian, jenis, tipe, dan manfaat dari SEO.
Apa itu SEO
Kita akan masuk pada pembahasan mengenai pengertian SEO sebenarnya. Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah bentuk apresiasi yang diberikan kepada halaman website yang masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google.
Jadi, definisi umum dari SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google.
SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik dan berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan oleh Google. Sehingga, jika anda membuat sebuah website, maka akan lebih baik untuk melakukan optimasi dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena anda harus membutuhkan dana atau modal untuk melakukan promosi iklan di Google.
Tipe trafik SEO
Setelah mengetahui pengertian SEO selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai beberapa jenis tipe trafik dari SEO. Untuk sekarang, terdapat tiga jenis trafik yang dapat digolongkan sesuai dengan fungsi dan kinerjanya masing – masing.
1. Quality Traffic
Tipe yang pertama adalah quality traffic atau lebih dikenal dengan trafik yang berkualitas. Untuk menentukan nilai kualitas trafik, dapat diukur dari seberapa besar nilai dari konversi yang dihasilkan dari data pengunjung yang masuk pada website anda.
Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik dari website anda. Pada umumnya, pengunjung akan melihat dan mencari tahu apa saja produk yang anda tawarkan. Sehingga, hal tersebut termasuk ke dalam trafik dengan menggunakan bantuan kata kunci transaksional.
2. Quantity of Traffic
Kuantitas dari sebuah trafik juga sangat diperhitungkan untuk meningkatkan performa sebuah website. Semakin banyak pengunjung yang masuk pada setiap halaman website anda, maka semakin besar nilai trafik yang dapat anda peroleh.
Jadi, ketika anda mengembangkan situs web bisnis, maka anda perlu memperbanyak halaman dengan konten yang berkualitas. Dimana, anda dapat membuat kumpulan artikel dalam bentuk blog yang mengandung keyword yang bersifat informasional.
3. Organic Traffic
Dan tipe yang terakhir adalah trafik organik, dimana sangat disukai oleh pemilik website karena tidak membutuhkan biaya atau gratis. Dengan trafik organik, juga dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak serta meningkatkan konversi.
Sebagai contoh, ketika seseorang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari di sebuah browser, dan selanjutnya user tersebut akan meng-klik link yang ditampilkan pada hasil pencarian. Nah, kunjungan link tersebut yang merupakan sebuah organic traffic.
Cara Kerja dan Teknik SEO
Setelah mengetahui beberapa jenis trafik, maka berikutnya masuk pada pembahasan mengenai apa saja cara kerja dan teknik SEO untuk dapat membantu mengoptimalkan halaman website di mesin pencari.
Pertama, hal yang perlu anda perhatikan adalah untuk dapat masuk pada halaman pertama dan mendapatkan top position antara peringkat 1 hingga 3, tidak sesederhana yang anda bayangkan. Mesin pencari atau search engine sendiri memiliki tiga tugas utama untuk mencari permintaan atau request yang anda ketikkan.
Crawling
Proses yang pertama adalah mesin pencari akan melakukan crawling, dimana bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link.
Indexing
Setelah berhasil melakukan crawling, selanjutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam enty list: index.
Ranking
Dan tahap terakhir, search engine akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang disasar.
Kemudian, algoritma Google juga selalu memastikan pengguna untuk mendapatkan informasi dan konten dari sumber yang relevan dan terpercaya. Google sendiri juga memiliki algoritma update yang setiap saat akan mengalami perubahan menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada.