post-image

6 Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif

1. Kenali Pangsa Pasar

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi ini adalah mengenal terlebih dahulu pangsa pasar untuk produk atau jasa yang dijual. Ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk acuan mengenal pangsa pasar lebih mendalam. Ketiga pertanyaan yang bisa digunakan adalah apa, siapa dan dimana.

Kata tanya “apa” digunakan untuk menanyakan mengenai produk apa yang sedang dibutuhkan saat ini. Kemudian lanjut pada kata tanya “siapa” yakni untuk mengetahui siapa mereka yang membutuhkan produk atau jasa yang dijual ini. Terakhir ada kata tanya “dimana” untuk mendapatkan lokasi berjualan yang tepat sasaran.

Jawaban dari ketiga pertanyaan di atas nantinya akan diringkas dan hasil akhirnya akan mengarahkan pada jenis produk yang akan dipasarkan. Hal ini disebut dengan deskripsi atau personal yang nantinya dimasukkan ke dalam layanan atau produk tersebut.


2. Survey Produk Atau Jasa Yang Sejenis

Langkah kedua yang harus dipersiapkan adalah mengenal berapa banyak pesaing dengan jasa dan produk yang sejenis. Hal ini merupakan langkah dan strategi pemasaran digital yang krusial. Anda perlu belajar banyak dari bagaimana mereka menjajakan produk atau jasa menggunakan marketing digital.

Tidak ada salahnya untuk saling berbagi ilmu dengan orang yang lebih berpengalaman mengenai marketing ini. Terlebih jika produk dan jasa yang dijual masih dalam satu rumpun karena penanganannya pasti tidak jauh berbeda.


3. Penentuan Saluran Digital

Era modern ini membuat saluran digital yang bisa digunakan untuk sarana marketing semakin banyak. Nyatanya meskipun banyak Anda tidak perlu menggunakan semua saluran tersebut untuk bahan promosi. Tentu saja beberapa saluran digital yang sekiranya cocok dengan produk atau jasa yang diproduksi.

Bahkan dalam penentuan saluran digital ini tidak boleh asal-asalan karena berkaitan dengan interaksi terhadap pelanggan yang akan membeli produk tersebut. Seperti contohnya untuk produk fashion yang lebih banyak dipromosikan menggunakan sarana Instagram dan Facebook.


4. Memperkuat Dan Memaksimalkan Saluran Yang Dipilih

Langkah keempat yang bisa dilakukan adalah memperkuat dan memaksimalkan saluran digital yang telah dipilih sebelumnya. Susun taktik atau langkah dan penjadwalan yang benar mengenai penguploadan bahan materi promosi. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tujuan pemasaran yang sudah dibuat.

Dengan memaksimalkan beberapa komponen pendukung yang ada tersebut maka proses pemasaran ini bisa lebih maksimal untuk memberikan hasil.


5. Membuat Indikator

Untuk mengukur naik tidaknya sebuah penjualan berdasarkan marketing digital ini Anda wajib membuat sebuah indikator. Indikator ini harus dibuat sendiri karena masing-masing bisnis memiliki perbedaan modal dan juga peningkatan produksinya. Biasanya indikator ini menggunakan ukuran persen agar lebih mudah dibaca.

Sebagai contohnya saluran digital yang digunakan adalah Instagram, setelah menggunakan platform ini maka penjualan online meningkat sebesar 35% dalam tiga bulan terakhir. Kemudian mengenai pencarian dan kunjungan profil mengalami peningkatan sebesar 25%. Didukung juga dengan keterlibatan media lain di dalamnya yakni interaksi pada Instagram sebesar 30%.


6. Evaluasi

Strategi pemasaran digital terbaik yang terakhir ini juga tidak boleh dilewatkan. Anda wajib melakukan evaluasi mengenai marketing digital yang telah dilakukan. Untuk menerapkan hal ini perlu menggunakan platform tertentu sebagai bantuan. Tujuannya adalah melacak mengenai tingkat keefektifan promosi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Secara umum untuk evaluasi ini bisa menggunakan Google Analyst atau penyebaran kuesioner online melalui platform yang biasa digunakan untuk promosi.