post-image

5 Pekerjaan Digital Marketing

    Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital dan internet. Semakin ke sini, banyak pihak yang membuka jasa pemasaran digital dan yang menjadi konsumen pun tak kalah dalam hal jumlah. Sesudah itu, pekerjaan digital marketing menjadi semakin terkenal.

Saat ini, masyarakat mengenal istilah digital marketer untuk staf digital marketing. Pekerjaan ini bertanggung-jawab atas branding produk yang perusahaan miliki. Branding produk itu strategi yang disusun oleh pihakmu untuk menjadikan masyarakat sadar akan kehadiran produk dan jasa suatu brand. 

Oleh karena itu, berikut kami sajikan penjelasan tentang pekerjaan-pekerjaan pemasaran digital yang harus kamu ketahui sebelum terjun langsung ke dunia itu. Pastinya kamu perlu memperluas pengetahuan supaya lebih paham lagi.


1. Digital Strategist sebagai Salah Satu Jenis Pekerjaan Digital Marketing

Digital strategist masuk ke dalam salah satu jenis pekerjaan digital marketing. Tugasnya adalah merencanakan konsep pemecahan masalah, membantu memberikan wadah antara kebutuhan, keinginan, tujuan bisnis, serta konsumen. Pekerjaan terpenting ialah bagaimana caranya memahami target konsumen. 

Hasil kerjanya seperti membuat campaign melalui sosial media. Langkah selanjutnya adalah melakukan monitoring terhadap campaign tersebut, supaya tahu apakah berjalan sesuai dengan rencana atau tidak. Lalu, sesudahnya kamu harus membuat laporan untuk nantinya kamu serahkan kepada pihak perusahaan.


2. Content Writer

Content writer dan digital marketing itu saling berhubungan. Lalu, apa hubungannya? Ikatan yang terjalin terletak pada apapun yang kamu tulis sebagai seorang content writer, entah itu pada website atau media sosial, pastinya mempengaruhi kualitas branding suatu perusahaan.

Kamu juga perlu memikirkan ide terbaik berdasarkan riset agar tulisan yang kamu hasilkan nanti sesuai dengan citra yang ingin perusahaan bangun untuk produk dan jasanya. Pada intinya, usahakan karyamu itu mampu menarik perhatian target konsumen.


3. SEO Specialist 

SEO specialist memiliki tanggung-jawab untuk memastikan peringkat dan visitabilitas suatu situs itu baik. Manfaatnya, calon konsumen dan konsumen dapat menemukan produk atau jasa dari perusahaan kamu dengan lebih mudah. Oleh karenanya, SEO specialist menjadi salah satu profesi yang paling diminati.Apabila kamu memilih profesi ini, kamu harus selalu up-to-date akan tren terbaru dan praktik terbaik dari SEO. Apakah alasannya? Sebab, ilmu mengenai SEO terus berkembang seiring berjalannya waktu.


4. Social Media Strategist

Seorang social media strategist mesti mampu untuk menguasai setiap hal yang anggota tim kerjakan, seperti mencari ide baru, menganalisis report, merencanakan campaign, dan bahkan melakukan kolaborasi dengan tim lain pada bidang marketing.

Tugas dari social media strategist ialah melihat media sosial pada lingkup yang besar dan bertanggung-jawab soal strategi yang ia buat untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah tersusun sebelumnya.


5. Paid Ads Specialist

Profesi ini mempunyai kewajiban untuk menyusun target iklan, menghitung CPC (Cost Per Click) atau biaya per klik, menganalisis performa iklan dan membuat laporannya. Kemudian, untuk tugasnya sendiri adalah merancang dan mengelola strategi periklanan pada pemasaran digital, seperti facebook ads, instagram ads, YouTube ads, dan lain sebagainya.