)
6 Peran Penting Website Dalam Bisnis
Secara umum website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman informasi yang mempunyai topik terkait, didalamnya berisi tulisan, gambar, video hingga animasi dan berbagai jenis file lainnya.
Sebuah website biasa memiliki alamat tertentu yang dapat diakses oleh pengguna internet, alamat tersebut biasa disebut dengan URL detik.com, kompas.com, kaskus.com dan lain sebagainya. Dalam URL ada bagian yang disebut dengan domain, contohnya .com, .net, .id dan lain sebagainya.
Sedangkan arti dari website menurut wikipedia adalah suatu halaman web yang didalamnya memiliki keterkaitan satu sama lain yang berisi kumpulan informasi atau berita yang dikelola oleh perorangan, kelompok atau perusahaan.
1. Sebagai Tempat Berpromosi
Website dapat dijadikan sebagai media promosi atau tempat menawarkan produk dan memberikan informasi promo agar calon customers tertarik dan mau melakukan pembelian.
Promosi akan lebih efektif apabila jumlah pengunjung situs banyak dan tersegmen dengan tepat. Salah satu strateginya adalah dengan SEO (Search Engine Optimization) yang akan mengoptimasi performance website di Search Engine sehingga pengunjung akan lebih banyak.
Ketika website sudah memiliki pengunjung yang banyak, maka tinggal mengarahkan saja untuk melakukan pembelian, untuk menjaring pengunjung yang belum mau membeli bisa menggunakan strategi lead magnet. Sebagai contoh adalah kupon, free trial, gratis ebook dll.
Lead magnet akan memungkinkan kita mendapatkan kontak calon customer, sehingga bisa kita tawari produk lagi dikemudian hari.
2. Membangun Branding Perusahaan
Sebagai media pemasaran, website berperan dalam menyampaikan produk kepada pelanggan mulai dari kelebihannya, kekurangan, review (perbandingan dengan produk lain) hingga alasan mengapa harus membeli produk tersebut. Tujuan utama website sebagai media pemasaran adalah menyampaikan produk kepada pelanggan.
Salah satu biaya marketing yang cukup mahal adalah bagian branding, selain karena harus menjangkau banyak orang juga harus dilakukan dengan intensitas yang cukup tinggi (diulang-ulang).
Biaya branding tersebut dapat ditekan dengan memanfaatkan traffic organik (SEO) yang mengarah ke website. Bisa-bisa saja dalam 1 hari ada 10.000/visitor yang mengunjungi website secara organik (tanpa iklan), tentu itu lebih irit bila dibandingkan dengan beriklan dan mendapatkan 10.000 views. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan traffic sebesar itu butuh effort yang lebih besar.
Apalagi SEO bukan sebuah optimasi yang instan, butuh waktu yang cukup lama untuk membangun traffic organik yang besar.
3. Pres Release dan Informasi
Peran website yang selanjutnya adalah sebagai media informasi. Website dapat berperan sebagai sumber informasi bagi pengunjung yang ingin tahu informasi perusahaan atau produk.
Perusahaan juga dapat memberikan press release atau informasi-informasi penting bagi pengunjung website. Tentu ini akan memudahkan perusahaan dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum.
4. Untuk Mengedukasi Customers
Mengedukasi pelanggan sangat penting dilakukan oleh sebuah perusahaan, karena pelanggan yang pintar akan menguntungkan bagi perusahaan.
Edukasi berarti memberikan informasi penting tentang produk dan layanan serta memberikan perhatian lebih kepada konsumen. Berdasarkan riset, konsumen yang teredukasi dengan baik akan lebih mempercayai perusahaan dan enggan untuk beralih ke perusahaan lain (loyalitas konsumen).
Salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengedukasi konsumen adalah website, kita bisa memanfaatkan blog, ebook, landing page produk dan halaman panduan untuk menggunakan produk.
5. Sebagai Media Komunikasi Antar Konsumen dan Perusahaan
Website bisa menjadi media komunikasi antar konsumen dan juga antara konsumen dengan perusahaan. Misal saja dengan membuat sebuah forum / komunitas di website. Konsumen bisa tanya apa saja, bahkan bisa berdiskusi dengan konsumen yang lain.
Pada beberapa jenis website seperti e-commerce juga terdapat review produk dan komentar untuk berdiskusi. Anda juga bisa membuat halaman kontak tempat konsumen Anda mengirim pesan. Bisa juga dengan menambah fitur live chat agar konsumen dapat secara langsung menghubungi Anda.
6. Media Transaksi Jual Beli (E-commerce)
Website tidak hanya sebatas tempat informasi dan komunikasi saja, maraknya e-commerce dan toko online membuktikan bahwa website bisa menjadi salah satu tempat yang aman untuk bertransaksi jual beli online.
Di era digital saat ini, ketika budaya belanja online mulai trend kehadiran website memang sangat membantu bagi para pemilik bisnis, pemilik produk maupun pemilik usaha jasa. Mereka bisa dengan mudah membuah website untuk menampilkan produknya dan konsumen pun bisa langsung memesan disitu.
Salah satu kelebihan memiliki website sendiri adalah keleluasaan dalam mengelolanya, tidak terikat aturan dari marketplace dan tidak perlu membayar biaya potongan transaksi. Kelebihan lainnya adalah tidak perlu takut pembeli lari ke sellers yang lain.