)
2 Pilar Pemasaran Digital
1. User Journey
Pilar pertama pemasaran digital adalah perjalanan pengguna atau user journey.
user journey adalah pertemuan dan interaksi pelanggan dengan merek Anda di semua saluran digital dan non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang merek Anda.
Ini biasanya dimulai dari tahap kesadaran dan berakhir pada tahap pembelian atau advokasi (loyalitas):
- Kesadaran: Pelanggan pertama kali menyadari merek.
- Pertimbangan (minat / evaluasi): Pelanggan perlu mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan merek lain.
- Pembelian (Keinginan / tindakan): Pelanggan siap untuk melakukan pembelian.
- Advocacy (Loyalty): Pelanggan menyebarkan dari mulut ke mulut dan merekomendasikan merek tersebut kepada teman-temannya.
Pelanggan biasanya berinteraksi dengan materi iklan atau konten Anda di berbagai saluran digital (media sosial, pencarian, iklan bergambar) dan masuk ke situs web Anda.
2. Saluran Pemasaran Digital
Pilar kedua dari pemasaran digital adalah saluran dimana Anda melakukan pemasaran.
Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi atau bisnis untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada konsumen.
Dalam digital marketing, saluran digital adalah jalan di mana pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal.
Contoh saluran pemasaran digital meliputi:
- Pencarian Organik (misalnya Google)
- Penelusuran Berbayar
- Display ads
- Media sosial
- Refferal (mis. Lalu Lintas melalui situs web lain)
Pencarian Organik
Orang-orang menggunakan mesin pencari untuk berbagai alasan mulai dari penelitian, belanja, hingga hiburan, dengan Google sendiri menangani lebih dari 40.000 kueri per detik (3,5 miliar kueri penelusuran per hari).
Hasil pencarian organik muncul di bawah iklan pencarian berbayar.
Untuk menentukan peringkat situs web di atas halaman hasil mesin pencari organik (SERP), pemasar menerapkan strategi digital marketing yang dikenal sebagai optimisasi mesin pencari (SEO).
Penelusuran Berbayar
Hasil iklan pencarian berbayar muncul di bagian atas SERP.
Untuk mengiklankan situs web Anda di hasil iklan penelusuran berbayar di Google, Anda perlu mendaftar akun Google Ads dan menerapkan strategi digital marketing yang dikenal sebagai pemasaran mesin telusur (SEM).
Display Ads
Display ads mengacu pada penempatan iklan yang muncul di halaman web saat pengguna menjelajahinya.
Agar iklan Anda muncul di penempatan situs web, Anda dapat memulai dengan Google Ads atau demand side platform.
Email
Ada sekitar 4 miliar pengguna email pada tahun 2020 – Statista. Email masih menjadi salah satu media paling populer yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka saat ini.
Pemasar digital menerapkan strategi pemasaran digital yang juga disebut sebagai pemasaran email atau email marketing dan otomatisasi pemasaran untuk mengirim email yang ditargetkan dan relevan ke pelanggan email yang tersegmentasi dengan benar.
Media sosial
Media Sosial tidak perlu diperkenalkan. Orang-orang menggunakannya setiap hari untuk mengikuti berita terbaru atau terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia.
Bisnis ada di media sosial untuk terhubung ke pelanggan potensial dengan melibatkan mereka dengan cara yang lebih pribadi dan otentik.
Dengan bantuan berbagai alat pemasaran media sosial, Anda akan dapat memahami kebutuhan dan minat audiens target Anda di berbagai platform media sosial. Ini akan membantu Anda menyesuaikan konten dengan lebih baik untuk lebih melibatkan audiens target Anda.
Referral
Refferal trafik yang diperoleh adalah hasil dari pengguna mengklik hyperlink (tautan balik) dan menavigasi dari satu situs web ke situs web lain (target hyperlink atau situs web). Ini berarti lalu lintas datang dari situs web lain, bukan dari pencarian langsung ke Google.
Tautan rujukan dibuat melalui kemitraan online strategis atau sebagai hasil dari perolehan media. Menerapkan PR online adalah salah satu metode paling efektif untuk mendapatkan penyebutan merek, memperoleh tautan balik, dan menghasilkan kesadaran merek.