post-image

4 Cara Toko Online Memikat Pelanggan Millenial

Generasi millennial, para individu yang lahir diantara tahun 1980 dan 2000, saat ini sudah mencapai usia mapan. Daya beli generasi ini memang semakin meningkat setiap tahunnya, jadi tidak heran kalau sekarang mereka menjadi segmen pasar utama bagi bisnis dan brand ternama.

Supaya bisa terus disukai dan diminati oleh segmen pasar generasi millennial yang jumlahnya cukup besar, penting sekali untuk terus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kebiasaan mereka. Nah, supaya pemilik bisnis online seperti kamu bisa memikat perhatian para pembeli generasi millennial, coba ikuti 4 cara dibawah ini.


1. Pastikan Bisnis Kamu Terhubung Secara Online

Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan para millennial yang selalu terhubung secara online. Karena sekarang ini cara dan channel yang digunakan para millennial untuk melakukan pembelian semakin beragam, coba lakukan strategi e-Commerce multichannel berikut:

  • Lakukan promosi di berbagai platform berbeda, termasuk media sosial, toko online, situs jual beli, dan marketplace.
  • Optimalkan toko online. Dengan semua promosi yang sudah kamu lakukan untuk mengarahkan customer ke toko online, optimalkan semua fiturnya agar customer merasa nyaman. Pastikan toko online kamu mobile-friendly, memiliki navigasi yang mudah, dan proses pembayaran yang tidak rumit.
  • Gunakan platform eCommerce yang terintegrasi. Supaya tidak repot, pastikan kamu memilih jasa buat website toko online murah, namun dapat diandalkan seperti menghubungkan webstore dengan marketplace dan media sosial.

2. Perkuat Brand Bisnis

Millennial dikenal sangat loyal pada brand yang sudah mereka sukai, jadi semakin mereka merasa terhubung dengan brand kamu, semakin besar kemungkinan mereka menjadi pelanggan yang melakukan pembelian berulang. Begini caranya:

  • Jaga reputasi online tetap baik. Selalu berikan produk dan layanan berkualitas terbaik, dan dorong para pelanggan yang sudah puas setelah melakukan pembelian, untuk memberikan review atau testimonial.
  • Jalankan loyalty program. Faktanya, 78% millennial akan lebih memilih brand yang menawarkan loyalty program daripada yang tidak. Perilaku ini menunjukkan bahwa millennial memang loyal dan akan dengan sukarela mempromosikan bisnis online kamu pada orang terdekat, tapi mereka juga mengharapkan timbal balik yang menguntungkan..


3.  Selalu Ikuti Trend

Trend di dunia e-Commerce selalu berubah dengan sangat cepat, para millennial juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang tidak terbatas mengenai suatu produk. Karena itu selalu perhatikan setiap pergeseran perilaku customer agar bisnis kamu bisa mengantisipasi dan mengikuti perubahan trend yang akan terjadi.

Untuk saat ini, konten kaya visual masih menjadi trend marketing yang efektif untuk menarik perhatian para millennial.

 

4. Ciptakan Konten yang Memberikan Solusi

Generasi millennial dikenal kreatif, inovatif dan selalu aktif dalam berbagai hal. Cara marketing dengan hanya menawarkan produk saja biasanya tidak akan dilirik, maka sebaiknya buat konten yang berisi hal ini:

  • Tunjukkan value lebih yang bisa ditawarkan toko online kamu.
  • Edukasi customer dan calon pembeli mengenai berbagai hal yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan.
  • Berikan solusi untuk masalah spesifik yang biasanya dialami oleh customer dan calon pembeli.

 

Pelajari karakteristik generasi millennial agar bisa membuat strategi marketing yang lebih efektif dan tepat sasaran. Selalu perhatikan pergeseran perilaku pembelian mereka agar kamu bisa memprediksi dan mempersiapkan diri untuk trend baru yang akan datang.