post-image

Pengertian, Pengaruh Dan Cara Meningkatkan Market Share

Market Share atau pangsa pasar merupakan persentase dari total penjualan produk yang dihasilkan oleh suatu institusi bisnis tertentu. Market share umumnya dihitung dengan membagi jumlah penjualan pada suatu periode dengan total penjualan produk di industri serupa di pasar selama periode yang sama.

Dari perhitungan market share tersebut nantinya perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai cakupan produk perusahaan di pasar beserta potensi persaingannya. Sehingga, jika merujuk pada perhitungan pasar, maka suatu perusahaan bisa disebut sebagai pemimpin pasar jikalau produk mereka memiliki market share terbesar

Pengaruh market share terhadap bisnis perusahaan


Secara khusus, market share memang berpengaruh terhadap bisnis perusahaan karena jika terjadi perubahan maka dampaknya akan terasa antar persaingan bisnis pada produk serupa. Tentu saja, persaingan untuk market share dalam siklus industri cukup keras dan sesekali tampak brutal.

Persaingan-persaingan ini pun tak jarang mengorbankan beberapa perusahaan yang mengalami kerugian tertentu karena dominasi merek dari perusahaan lain telah menguasai pasar produk tersebut. Adapun beberapa pengaruh lain dari market share terhadap bisnis perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhan skala ekonomi, market share amat berdampak pada skalabilitas ekonomi perusahaan dalam rangka peningkatan profit. Dengan catatan, perusahaan mampu mendapatkan celah untuk unggul dibandingkan perusahaan pesaing di bidang produk serupa.
  • Peningkatan penjualan, penguasaan market share umumnya berkorelasi lurus dengan peningkatan penjualan. Jika suatu produk dari sebuah perusahaan telah memiliki ceruk pasar tertentu secara progresif, maka bisa dipastikan bahwa penjualan akan meningkat. Meski begitu, adanya konsistensi dan pengembangan tetap dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat market share tertentu.
  • Reputasi perusahaan, salah satu pengaruh terbesar dari market share terhadap perusahaan adalah reputasi. Jika suatu produk menguasai pasar dan mendapatkan market share tinggi dalam beberapa periode secara konsisten, maka konsumen akan secara otomatis memiliki kepercayaan tinggi terhadap reputasi perusahaan produsen produk tersebut.
  • Meningkatnya basis pelanggan dan dominasi, dengan tingginya market share suatu produk, maka basis pelanggan akan mengikutinya sebagai basis retensi konsumen. Terlebih, jika suatu produk bisa mempertahankan kualitasnya dari waktu ke waktu. Hal ini akan bermuara pada dominasi industri jika berlangsung dalam kurun waktu lama. Beberapa contohnya tentu muncul metonimia atau sebutan terhadap produk industri tertentu menggunakan nama suatu merek.


4 Cara meningkatkan market share

Beberapa cara dapat ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan Market share mereka untuk suatu produk unggulan tertentu. Cara utama umumnya dilakukan dengan mempertajam pemasaran dan periklanan untuk menarik pelanggan baru hingga mengembangkan produk baru. Namun, ada beberapa cara atau strategi tertentu untuk meningkatkan market share yang perlu kita ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Menurunkan harga

Salah satu strategi atau cara untuk melakukan ekspansi market share adalah bersaing dengan harga rendah. Hal ini biasa diandaikan seperti mendekatkan buah yang menggantung pada tangkai lebih rendah atau dekat dengan konsumen. Kedekatan jangkauan dalam aspek ekonomis ini menjadi salah satu stimulan untuk konsumen mencoba suatu produk sesuai prinsip ekonomi.

2. Melakukan inovasi

Beberapa perusahaan tidak serta-merta bisa menerapkan harga rendah pada setiap produknya karena urusan perhitungan harga pokok penjualan. Namun, salah satu cara untuk meningkatkan market share juga bisa ditempuh lewat inovasi produk atau penambahan fitur baru sehingga terlihat segar di mata konsumen. Inovasi juga perlu diperkuat dengan nilai guna produk atau hal baru yang belum dilakukan oleh pesaing.

3. Meningkatkan kesadaran merek

Salah satu strategi market share yang umum digunakan adalah meningkatkan kesadaran merek pada konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan branding awareness lewat pemasaran nasional. Branding awareness bisa dilakukan dalam strategi pemasaran tertentu, baik lewat iklan maupun call to action secara digital.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Strategi lain yang bisa diterapkan untuk menjangkau market share lebih luas adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini bisa diterapkan dengan meningkatkan pelayanan produk atau kualitas produk itu sendiri secara khusus. Salah satunya adalah mencegah adanya penurunan kualitas dengan dasar ekonomi tertentu.

Konsumen umumnya memiliki kecenderungan akan bertahan dengan suatu produk yang kualitasnya stabil dan teruji waktu, meski harganya sedikit lebih tinggi dari produk lain.

Itulah tadi beberapa hal mengenai market share yang perlu diketahui sebelum kamu melakukan produksi dalam suatu bisnis tertentu. Umumnya, market share didukung dengan jaringan pasar yang luas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa produksi di tingkat mikro pun dapat memperhitungkan market share tertentu.

Bagi kamu yang tertarik dengan market share dan berbagai hal menyoal bisnis, mungkin kamu perlu memulai karier dengan tepat di sebuah perusahaan dengan produksi nasional. Atau, kamu bisa memulainya dari mencari pengalaman lewat program-program tertentu di industri tertentu.