)
Pengertian Dari Content Marketing, Dan Keuntungan Untuk Seo Website
Jika kamu ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan brand awareness produk kamu. Kamu dapat menggunakan Content Marketing.
Jika kamu ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan brand awareness produk kamu. Kamu dapat menggunakan Content Marketing.
Content Marketing adalah salah satu strategi yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak prospek dengan biaya lebih sedikit. Tapi kamu wajib tahu bagaimana melakukannya dengan benar.
Apa Itu Content Marketing ?
Marketing adalah tindakan mempromosikan merek dan produk Anda menggunakan berbagai strategi seperti riset pasar dan iklan.
Sedangkan Content Marketing adalah strategi yang menggunakan material kreatif seperti posting di media sosial, video, blog, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Singkatnya, content marketing adalah tentang semakin dekat dengan audiens Anda dengan menyediakan konten yang relevan dan berharga untuk mengatasi masalah yang mereka alami.
Tidak seperti iklan, content marketing tidak secara langsung mengiklankan produk atau layanan. Tujuan content marketing adalah Menganalisa karakter pelanggan, menentukan tema dan topik, membuat dan mempromosikan konten berdasarkan kedua hal tersebut.
Langkah akhirnya yaitu menganalisa dan mengevaluasi performa konten tersebut. Jika hasilnya memuaskan maka bisa dijadikan acuan untuk konten berikutnya. Jika belum berarti ada beberapa hal yang harus diganti misalnya seperti gambar yang digunakan maupun kata-kata didalamnya.
Pentingnya Content Marketing
Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan biaya yang sedikit, maka content marketing adalah hal wajib yang harus kamu terapkan. Disamping itu, Content marketing juga bisa memberi dampak positif pada SEO website kamu.
Misalnya saja, Airbnb merupakan salah satu website travel yang menggunakan content marketing dalam kampanye digital marketingnya.
Bahkan pada tahun 2017 Airbnb mengklaim mengalami peningkatan booking hotel sebesar 2500% pada website yang mereka kelola. Meskipun tidak sebesar airbnb, Content marketing pastinya memberi keuntungan yang lumayan bagi bisnis kamu.
Berikut ini adalah keuntungan yang bisa anda dapatkan dari content marketing :
Impact
Lebih dari 90% bisnis yang ada di dunia membuat konten untuk meraih lebih banyak audiens. Inilah mengapa kamu harus menerapkan content marketing pada bisnis kamu jika ingin berkembang.
Sebagai contoh, Marriott menerapkan strategi content marketing yang hebat dengan Marriott Traveler dan berhasil menarik 3 juta pengunjung pada tahun 2018 yang mana 78% lebih tinggi dari traffic mereka tahun lalu. Plus, setiap kunjungannya telah memicu lebih banyak pendapatan dari pemesanan hotel – hingga 200% dibandingkan tahun 2017.
Jadi, membuat konten yang informatif secara konsisten dapat membantu kamu terlibat dengan lebih banyak orang, membangun brand kamu, dan mendapatkan profit yang menguntungkan.
Hemat Biaya
Baik besar atau kecilnya skala bisnis, content marketing merupakan cara yang hemat biaya untuk mempromosikan suatu produk.
Pertama, kamu dapat membagikan ulang kontenmu di berbagai platform, sehingga menjangkau audiens yang lebih luas lagi.
Misalnya, FlipKey memiliki blog traveling yang amat baik. FlipKey mengupas tentang semuanya, mulai dari tips perjalanan hingga daftar dimana saja spot travel terbaik. Setelah konten diposting di blog mereka, Flipkey membagikan ulang post tersebut di platform lain seperti Facebook dan twitter.
Semakin baik konten yang kamu buat, maka semakin efektif dampak yang diberikan pada hasil pencarian organik (SEO jangka panjang yang hemat biaya).
Traffic organik adalah tujuan utama setiap pemilik website. Traffic yang bersifat organik tidak membutuhkan biaya sama sekali dalam prosesnya, karena mesin pencari menilai konten berdasarkan tingkat relevansi dan nilai informatifnya.
Sederhananya, orang mencari informasi online menggunakan mesin pencari. Untuk mendapatkan SERP (Search Engine Result Page) yang tinggi, kamu perlu memberikan informasi SEO yang dioptimalkan dan relevan dengan apa yang mereka cari.
Faktanya, 92% dari rata-rata traffic berasal dari halaman hasil pertama Google. Yang mengatakan, memiliki konten yang informatif dan relevan ditempatkan tinggi pada SERP sangat penting. Organic SEO adalah tehnik yang sangat wajib kamu pelajari karena hasil yang diberikan amat besar dan tidak membutuhkan biaya iklan.
Investasi Jangka Panjang
Jika kamu ingin terlibat dengan pelanggan kamu, cobalah membantu mereka untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi sesuai dengan keahlian kamu.
Karena content marketing berusaha mendidik orang melalui informasi yang bisa mereka terapkan sendiri, nah hasilnya ini terbukti ampuh dalam menjalin hubungan dengan calon pelanggan.
Untuk melakukan itu, Content Marketing menggunakan strategi siklus pembelian: Brand awareness (Kesadaran merek), consideration (tahap pertimbangan), dan decision stage (tahap keputusan pembelian).
Tahap pertama siklus pembelian berkaitan dengan upaya membangun audiens secara online. Tahap kedua adalah tentang mengajari orang bagaimana memilih produk terbaik. Tahap terakhir adalah ketika orang memutuskan untuk membeli suatu produk atau tidak.
Content marketing adalah strategi investasi marketing jangka panjang. Hasilnya tidak bisa anda dapatkan secara instan dan membutuhkan proses serta beberapa optimasi tergantung dari target pemasaran kamu.