)
Strategi Pemasaran Online Untuk Makanan
Salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis kuliner. Hal ini karena makanan adalah produk yang sudah pasti dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Akan tetapi, bisnis ini bisa saja tidak menjanjikan jika Anda tidak menerapkan strategi pemasaran produk untuk makanan Anda.
Ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di setiap daerah dan mungkin dengan produk yang sama. Tanpa strategi pemasaran produk yang tepat, Anda akan kesulitan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Alhasil, bisnis kuliner Anda mungkin hanya bertahan seumur jagung.
Pentingnya Strategi Pemasaran Produk
Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Upaya ini sendiri bermacam-macam, mulai dari mempromosikan produk melalui media sosial, memberikan diskon dan sebagainya.
Kenapa, sih, strategi pemasaran produk itu penting diterapkan? Sebagaimana dijelaskan di atas, ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di Indonesia.
Bisa saja tetangga sebelah rumah atau toko Anda juga menjalani bisnis kuliner dengan jenis produk yang sama. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenalkan bisnis serta produk Anda lebih luas.
Tanpa mengenalkan bisnis serta produk lebih luas, orang tidak akan tahu bahwa Anda sedang berjualan dan apa yang Anda jual. Ini bisa Anda lakukan dengan memahami dan menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat.
7 Strategi Pemasaran untuk Produk Makanan
Nah, kalau Anda sudah memahami mengenai marketing mix 4P, selanjutnya Anda bisa menentukan strategi apa yang ingin Anda gunakan dalam bisnis Anda. Ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Tetapi, kembali lagi pada produk serta target pasar dari bisnis Anda.
Supaya Anda bisa menemukan dan menentukan strategi pemasaran apa yang akan diterapkan terhadap produk makanan Anda, simak 7 contoh strategi marketing berikut ini.
Strategi Pemasaran Produk Secara Online
Contoh strategi pemasaran untuk produk makanan supaya penjualan dapat meningkat adalah beralih ke online. Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang sekarang ini membuat hampir semua orang kemudian memenuhi berbagai kebutuhannya secara online. Termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan pangan.
Anda bisa berjualan online dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Selain itu, aplikasi pesan seperti Whatsapp pun juga bisa Anda gunakan untuk berjualan. Anda juga bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat bisnis Anda berjualan. Tetapi, jangan lupa untuk sesuaikan dengan produk makanan bisnis kuliner Anda.
Strategi Pemasaran Produk Makanan Melalui Website
Saat ini, bisnis kuliner bukan hanya bisa kamu lakukan melalui media sosial, Whatsapp atau aplikasi pengantar makanan saja. Anda juga bisa berjualan secara online dengan cara membuat website. Dengan membuat website, jangkauan pasar Anda pun bisa jadi lebih luas.
Selain itu, informasi mengenai produk makanan dan bisnis Anda pun bisa tersampaikan dengan lebih jelas dan terperinci. Berbeda dengan media sosial yang memiliki batasan dalam jumlah karakter, sehingga informasi yang disampaikan pun tidak bisa begitu terperinci. Bisnis Anda pun juga akan terlihat lebih profesional dan terpercaya.
Optimasi Website Bisnis
Kalau Anda sudah memiliki website bisnis, jangan biarkan situs tersebut ‘menganggur’. Anda bisa memanfaatkan situs bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan cara mengoptimasi website. Optimasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat website menempati peringkat pertama hasil pencarian untuk kata kunci bisnis Anda.
Bagaimana cara mengoptimasinya? Anda bisa mempelajari teknik SEO atau Search Engine Optimization sebagai salah satu strategi pemasaran untuk produk makanan bisnis Anda. Melalui SEO, website Anda akan lebih mudah dicari oleh audiens yang memang membutuhkan produk Anda.
Strategi Pemasaran Produk Melalui Google Ads dan Facebook Ads
Salah satu strategi marketing yang sering disarankan oleh para digital marketer adalah memasang iklan melalui Google Ads dan Facebook Ads atau yang dikenal dengan SEM. Nah, SEM sendiri adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah strategi marketing produk dan brand melalui mesin pencari secara berbayar.
Salah satunya adalah dengan cara memasang iklan melalui Google Ads atau Facebook Ads sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan memasang iklan, jangkauan audiens dari bisnis Anda pun akan lebih luas dan akurat sesuai dengan target pasar.
Aktif di Media Sosial
Bukan hanya tempat untuk bersosialisasi, media sosial adalah media berbisnis yang cukup ampuh untuk meningkatkan engagement. Tidak sedikit bisnis yang penjualannya meningkat dan berkembang karena viral di media sosial.
Hal ini bisa terjadi karena media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak. Dengan aktif membagikan semua hal tentang brand serta produk bisnis Anda dapat menjadi strategi pemasaran yang ampuh.
Memanfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan
Saat ini, teknologi digital di Indonesia sedang sangat berkembang. Hampir semua kebutuhan dan aktivitas dipenuhi melalui teknologi digital. Salah satunya adalah kebutuhan akan pangan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kuliner Anda.
Anda bisa mendaftarkan restoran atau bisnis kuliner Anda di beberapa layanan pesan antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berjualan tanpa harus menyediakan tempat makan. Pelanggan pun juga akan lebih mudah untuk didapatkan melalui strategi pemasaran ini.
Membuat Promo Menarik
Salah satu sifat pembeli di Indonesia adalah menyukai promo berupa diskon. Bahkan, beberapa pakar bisnis pun mengatakan diskon adalah strategi pemasaran produk yang paling ampuh. Saat Anda memberikan diskon kepada pembeli, mereka akan tergiur dan merasa ada urgency untuk memanfaatkan promo tersebut.
Selain diskon, Anda juga bisa memberikan promo menarik lainnya yang juga menggiurkan bagi para pembeli. Dengan begitu, penjualan produk makanan Anda pun akan meningkat dan bisnis akan semakin berkembang.