5 Strategi Digital Marketing untuk UMKM
📅 09 Aug 2025

5 Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Share:

Social media marketing merupakan proses pemasaran yang dilakukan di media sosial. Media sosial yang umum digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok. Tujuan dari social media marketing adalah menarik perhatian orang agar tertarik dengan konten yang diberikan dan menimbulkan rasa penasaran hingga melakukan pembelian. Dengan demikian, omset penjualan perusahaan dapat ditingkatkan dengan adanya social media marketing.


Berdasarkan data dari Hootsuite, tahun ini terdapat 170 juta orang pengguna sosial media di indonesia. Hal ini menunjukkan jika mediDigital marketing memang memberikan perubahan yang besar terhadap cara promosi bisnis. Tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan besar saja, digital marketing UMKM pun nyatanya bisa memberikan kontribusi yang besar. Oleh karena itu, para pemilik UMKM sudah sewajarnya mulai melirik digital marketing sebagai salah satu cara mencari pelanggan. Jika kamu tertarik untuk menerapkannya, berikut adalah beberapa strategi digital marketing untuk UMKM:


1. Buat Profil Usaha

Strategi digital marketing yang gratis dan mudah untuk meningkatkan peringkat pencarian usaha adalah dengan membuat dan memperbarui profil usaha di mesin pencari. Seperti Google, Bing, Yahoo, dan platform pencarian populer lainnya. 


2. Email Marketing 

Strategi digital marketing untuk UMKM selanjutnya adalah email marketing. Kamu pasti pernah diminta untuk memasukkan alamat email ketika melakukan transaksi pembelian di suatu website sebagai data pembelian. 


3. Pahami dan Kenali Target Audiens 

Target audiens adalah konsumen yang memiliki potensi atau kecenderungan untuk membeli produk dan layanan yang kamu tawarkan. Penting bagi pemilik UMKM untuk mengenali konsumen ini. Mengapa?

Karena hal tersebut membantu menyesuaikan strategi pemasaran digital yang cocok sesuai segmentasinya. Misalnya, jika kamu memiliki usaha kue dan ingin menjual kue buatanmu ke pelanggan di luar kota. 


4. Manfaatkan Iklan di Sosial Media 

Seperti yang kamu ketahui, sosial media memang memiliki kekuatan yang luar biasa sebagai media untuk promosi bisnis. Nah, manfaat digital marketing bagi UMKM bisa kamu rasakan salah satunya dari kekuatan media sosial tersebut. 


5. Ajak Pelanggan untuk Memberikan Review atau Testimoni 

Strategi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak pelanggan untuk memberikan review atau testimoni positif terkait usahamu. Testimoni dan review bisa sangat berpengaruh untuk reputasi bisnis. a sosial merupakan pasar yang sangat besar dalam dunia bisnis. Namun, dibutuhkan strategi yang tepat dan akurat untuk memaksimalkan penjualan dari sosial media.