Social media management
adalah sebuah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis
melalui media digital. Perlu diketahui bersama, saat ini internet dan media
sosial memiliki kekuatan yang cukup besar dalam segala hal. Bayangkan, kamu
bisa mendapatkan berbagai informasi hingga melakukan pembelian di dalam satu
media saja.
Hal ini yang menjadi
alasan mengapa social media management harus ada dan diterapkan oleh seluruh
bisnis untuk memasarkan produknya. Dalam satu kali klik saja, besar kemungkinan
unggahan tersebut dapat menjangkau ratusan orang. Menarik bukan? Untuk
mempelajari social management lebih lanjut, simak informasinya dalam artikel di
bawah ini.
Apa Itu Social Media
Management?
Social media management
adalah proses mengelola, mengawasi, dan memanfaatkan media sosial untuk
mencapai tujuan bisnis serta menganalisis pengguna media sosial untuk
mengembangkan strategi pemasaran.
Hal ini meliputi seluruh
proses digital marketing seperti merencanakan strategi media sosial, mengelola
konten, memantau performa, serta berinteraksi dengan pengikut atau pengguna
lainnya.
Jadi, sebenarnya social
media management tidak hanya sekadar mengelola akun media sosial atau
belakangan ini dikenal dengan sebutan menjadi admin saja, tetapi juga memahami
bagaimana media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap
produk, impresi akun (engagement), serta mengukur keberhasilan setiap konten pemasaran
yang diunggah.
Untuk memastikan
kesuksesan dalam social media management, seorang harus memiliki pengetahuan
yang luas mengenai media sosial termasuk perubahan yang terjadi di dalamnya
serta kemampuan untuk memanfaatkan alat-alat analisis yang tersedia.
Apa Saja Fungsi Social
Media Management?
Sampai saat ini, masih
banyak orang yang belum mengetahui apa fungsi adanya social media management.
Untuk itu, GreatNusa akan memberikan informasi mengenai beberapa fungsi social
media management di bawah ini:
1. Membangun Citra pada
Internet yang Kuat
Social media management
membantu bisnis untuk membangun citra pada dunia internet yang kuat. Hal ini
dilakukan dengan mengembangkan strategi media sosial yang efektif termasuk
menentukan platform yang tepat, target pasar, serta jenis konten yang akan
dibagikan.
2. Meningkatkan Kesadaran
Terhadap Keberadaan Produk
Brand awareness atau
kesadaran akan keberadaan sebuah produk merupakan seberapa banyak masyarakat
yang tahu dan menyadari bahwa produk tersebut ada. Social media management
dapat membantu meningkatkan kesadaran keberadaan produk ini dengan cara
membagikan konten yang menarik dan relevan serta dengan berinteraksi secara
aktif dengan pengguna lainnya.
Hal ini dapat membantu
bisnis untuk dapat memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak pelanggan
potensial.
3. Meningkatkan Impresi
Akun
Impresi akun adalah cara
yang tepat untuk mengetahui apakah pengguna media sosial lainnya tertarik
dengan merek dan konten yang dibagikan. Social media management dapat membantu
meningkatkan impresi akun dengan cara merespons komentar dan pesan, meminta
umpan balik (feedback), serta mengadakan kontes atau kuis.
4. Menjadi Media yang
Praktis
Sadar atau tidak, selama
ini, kehadiran social media management dapat mengembangkan fungsi media.
Pasalnya, dengan adanya pengelolaan media sosial yang baik, akun bisnis dapat
diubah menjadi media promosi, informasi, dan berita yang praktis.
Apalagi, sekarang sudah
banyak pengguna media sosial banyak yang mengandalkan media sosial untuk
mendapatkan informasi seputar produk yang dituju dan diinginkan.
Apa Saja Manfaat Social
Media Management?
Selain fungsinya, kamu
juga perlu mengetahui manfaat dari penggunaan social media management yang
maksimal. Simak informasi selengkapnya dalam poin-poin berikut ini:
1. Meningkatkan
Visibilitas dan Jangkauan Bisnis
Melalui pemanfaatan social
media management, bisnis dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan bisnis
mereka secara signifikan. Dalam era digital yang semakin berkembang, banyak
orang yang menghabiskan waktu di media sosial. Jadi, memanfaatkannya dapat
membantu bisnis untuk menjangkau target pasar yang lebih besar dengan mudah.
2. Memperkuat Hubungan
dengan Pelanggan
Berinteraksi secara aktif
dengan pengguna media sosial lain dengan merespons pertanyaan dan masukan
hingga membagikan konten yang relevan dan menarik dapat membantu membangun
kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kamu.
3. Memperoleh Informasi
yang Berharga
Melalui social media
management, bisnis dapat memperoleh informasi yang berharga mengenai target
pasar. Hal ini umumnya meliputi preferensi dan kebiasaan, ulasan produk, serta
trend yang terjadi di pasar. Lagi-lagi, hal ini berkaitan dengan strategi
marketing yang tepat dan lebih efisien.
4. Meningkatkan
Efektivitas Iklan
Social media management
dapat membantu meningkatkan efektivitas iklan dengan cara mengoptimalkan target
pasar dan jenis konten yang dibagikan. Pemahaman tentang karakteristik pasar
dan jenis konten yang paling efektif dapat mendorong sebuah bisnis untuk
mendapatkan angka impresi yang lebih tinggi dari iklan yang terpasang di media
sosial.
Apa Saja Tugas Social
Media Management?
Sampai di sini, apakah
kamu sudah cukup memahami social media management? Namun belum cukup sampai di
situ saja, kamu juga perlu mengenal apa saja tugas social media management.
Berikut ini merupakan informasi selengkapnya:
1. Mengembangkan Strategi
Media Sosial
Tugas pertama dalam social
media management adalah mengembangkan strategi media sosial yang efektif. Hal
ini meliputi menentukan media yang tepat, target pasar, jenis konten, serta
tujuan pemasaran bisnis yang ingin dicapai.
2. Mengelola Konten
Tugas selanjutnya adalah
mengelola konten yang akan dibagikan di media sosial. Hal ini meliputi
memproduksi konten yang menarik, mengatur jadwal publikasi, dan memastikan
konsistensi merek serta tone of voice dalam setiap konten yang dibagikan.
3. Memantau Performa
Social media management
juga melibatkan pemantauan performa konten yang dibagikan dengan memantau hasil
analisis seperti engagement rate, reach, dan impresi akun. Selanjutnya, dari
data tersebut, social media management dapat menentukan langkah yang tepat
untuk mengoptimalkan konten dengan nilai hasil yang kecil.
4. Berinteraksi dengan
Pengguna
Tugas terakhir dalam
social media management adalah berinteraksi dengan pengguna media sosial
lainnya. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas pada media
sosial yang berkaitan dengan pengguna mulai dari membalas komentar, pertanyaan,
hingga memberikan respons pada setiap keluhan yang disampaikan.
Melihat dari informasi di
atas, dapat dikatakan bahwa social media management adalah salah satu lingkup
kerja yang cukup rumit dengan cakupan kerja yang besar. Namun, tenang saja, tak
sedikit dari mereka yang membagikan pengalamannya sebagai social media
management berkata bahwa mengelola media sosial adalah sesuatu yang
menyenangkan.