Pentingnya Branding dalam Era Digital
đź“… 09 Aug 2025

Pentingnya Branding dalam Era Digital

Share:

Era digital, entah disadari atau tidak telah mengubah kiblat dari setiap lini bisnis. Selain faktor teknologi yang telah berkembang dengan sangat cepat dan bertambah “murahnya” teknologi, tren perubahan minat dan perilaku konsumen, khususnya dalam hal berbelanja, membuat banyak perusahaan yang akhirnya mengubah arah kiblat bisnis mereka ke arah digital. Ekosistem digital memang terlihat sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari HootSuite dan We Are Social, dikutip dari detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202.6 juta per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.


Tidak hanya pengguna internet saja yang naik, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet juga meroket tajam menjadi 345,3 juta dengan pengguna yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya. Pengguna internet di Indonesia sendiri “rela” menghabiskan waktu sampai 8 jam 52 menit untuk mengakses internet. Dengan komposisi bermain sosial media sekitar 3 jam 14 menit, streaming 2 jam 50 menit, dan menghabiskan sekitar 1 jam 38 menit hanya untuk membaca media online maupun offline. Dengan jumlah pengguna internet yang terus bertambah setiap tahunnya, membuat ekosistem digital menjadi “lahan basah” yang banyak diperebutkan oleh banyak perusahaan untuk mengakuisisi konsumen baru bagi bisnis mereka. Tak ayal banyak perusahaan yang kemudian menyusun berbagai strategi untuk mengembangkan bisnis mereka pada ekosistem digital, dan salah satu strategi tersebut adalah digital branding. Apa itu Digital Branding Digital branding merupakan serangkaian proses untuk membangun dan memperkenalkan brand bisnis Anda melalui platform digital yang tersedia, seperti website, aplikasi mobile, sosial media dan platform digital lainnya.


Digital branding sendiri dianggap cara yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda ke konsumen secara luas di tengah ketatnya persaingan bisnis di era digital seperti saat ini. Digital branding juga akan membantu Anda dalam membangun koneksi dan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan. Mengapa Digital Branding Penting? Seperti yang telah dijelaskan diatas, ekosistem digital yang terus bertambah, tren perubahan minat dan perilaku belanja konsumen, serta ketatnya persaingan bisnis di era digital, merupakan beberapa sebab mengapa digital branding menjadi sangat penting bagi kelangsungan bisnis suatu perusahaan di era digital seperti saat ini.